Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

Jelang Derby London Utara Kontra Arsenal, Tottenham Hadapi Masalah Kebugaran

Jumat 30 Sep 2022 20:59 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Para pemain Tottenham Hotspur (ilustrasi)

Para pemain Tottenham Hotspur (ilustrasi)

Foto: AP/Frank Augstein
Pelatih Antonio Conte tak mau menyebutkan pemain yang bakal absen akibat cedera.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tottenham Hotspur bakal melawat ke markas Arsenal pada laga pekan kesembilan Liga Primer Inggris, Sabtu (1/10/2022) malam WIB. Pada laga perdana setelah jeda internasional tersebut, pelatih Tottenham Antonio Conte mengakui ada sejumlah penggawa the Lilywhites yang mengalami masalah kebugaran. 

Namun, pelatih asal Italia itu enggan membeberkan secara lebih rinci soal pemain-pemain Spurs yang tidak bisa tampil di laga tersebut. ''Saya tidak mau membahas soal pemain yang cedera, karena tidak mau memberikan keuntungan buat Arsenal. Namun, bisa dipastikan kami menghadapi sejumlah problem kebugaran pemain,'' kata Conte seperti dikutip BBC, Jumat (30/9). 

Baca Juga

Sebelumnya, Dejan Kulusevski dilaporkan mengalami cedera hamstring setelah memperkuat Swedia. Selain itu, penjaga gawang Hugo Lloris juga terpaksa meninggalkan pemusatan latihan timnas Prancis lantaran mengalami cedera paha. 

Conte juga dilaporkan masih menunggu hasil pemeriksaan medis terakhir Ben Davies yang sempat mengalami cedera lutut. Begitu pula dengan kondisi kebugaran Lucas Moura yang sempat diterpa cedera otot. Kabar baiknya, Richarlison dan Son Heung-min dikabarkan sudah siap turun sejak menit pertama pada edisi perdana derby London Utara pada musim ini.

Mantan pelatih Italia itu mengakui, tidak mau mengambil risiko terkait kondisi kebugaran para penggawa Spurs dengan ancaman kelelahan dan potensi mengalami cedera. Pasalnya, the Lilywhites akan melakoni jadwal padat sebelum memasuki jeda kompetisi akibat gelaran Piala Dunia 2022, akhir tahun ini, atau 13 pertandingan dalam 43 hari. 

''Kami harus mencari solusi terbaik dan tidak perlu mengambil risiko besar, yang berujung kehilangan pemain pada sisa musim ini. Untuk bisa meraij hasil maksimal di tiap laga, saya benar-benar mengandalkan seluruh pemain di tim ini. Saya telah melihat tim-tim yang kesulitan untuk melakoni jadwal padat ini, Spurs termasuk salah satunya,'' kata Conte. 

Conte juga menyoroti soal kemungkinan Spurs menggeser Arsenal di posisi teratas klasemen dengan kemenangan di laga ini. Berada di peringkat ketiga, the Lilywhites hanya terpaut satu poin dari rival sekotanya tersebut, yang duduk di puncak klasemen sementara dengan koleksi 18 poin dari tujuh laga. 

Meski peluang tersebut terbuka buat Spurs, Conte menilai, akan sangat sulit membawa pulang tiga poin dari Stadion Emirates. The Gunners, ujar Conte, terbukti mampu meningkatkan performa di atas lapangan, terlebih dengan kehadiran sejumlah pemain anyar. 

"Ini baru laga pertama dari delapan partai yang kami lakoni di pentas Liga Primer Inggris sebelum Piala Dunia. Kompetisi ini baru dimulai. Namun, Arsenal mampu mengawali kompetisi dengan baik. Mereka baru menelan satu kekalahan. Mereka sudah menunjukkan sebagai tim yang kuat, ditambah dengan kehadiran pemain baru,'' kata Conte. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA