Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

MotoGP akan Mentas di India Mulai 2023

Jumat 30 Sep 2022 19:55 WIB

Red: Israr Itah

Logo MotoGP

Logo MotoGP

Foto: dok MotoGP
GP India akan digelar di Sirkuit Internasional Buddh, Uttar Pradesh, New Delhi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- India akan menggelar balap MotoGP di Sirkuit Internasional Buddh pada tahun depan setelah Dorna Sports pada Jumat (30/9/2022) mengonfirmasi sirkuit yang berada di New Delhi itu debut di kalender musim 2023.

Dorna sebagai pemegang hak komersial MotoGP pada awal bulan ini mengadakan pembicaraan dengan pemerintah setempat di Uttar Pradesh dan kementerian olahraga India.

Baca Juga

"Kami sangat bangga mengumumkan Sirkuit Internasional Buddh akan berada di kalender 2023," kata CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta dikutip laman resmi MotoGP.

"Kami memiliki banyak penggemar di India dan kami sangat senang bisa membawa olahraga ini ke mereka."

"India juga merupakan pasar kunci dari industri sepeda motor dan demikian pula bagi MotoGP sebagai puncaknya dunia roda dua."

Sebagai negara dengan populasi 1,4 miliar manusia, India memiliki lebih dari 200 juta sepeda motor di jalanan.

Negara di Asia Selatan itu juga menjadi salah satu pasar utama dan terbesar bagi pabrikan sepeda motor karena hampir 75 persen moda transportasi yang digunakan sehari-hari masyarakat India adalah sepeda motor.

Sirkuit Buddh sepanjang 5,14km yang terletak di Uttar Pradesh, di selatan New Delhi, itu pernah menggelar balap Formula 1 antara 2011-2013.

Pada awal pekan ini, MotoGP juga telah menandatangani kesepakatan berdurasi lima tahun untuk menggelar balapan di Sirkuit Internasional Sokol di Kazakhstan mulai 2023. Musim MotoGP 2023 akan dibuka di Sirkuit Algarve, Portugal pada 24-26 Maret.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA