Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Walau Usia Masih Muda, Kartu JKN Wajib Tersedia

Jumat 30 Sep 2022 19:27 WIB

Red: Hiru Muhammad

Usia muda tidak memberikan jaminan bagi seseorang untuk memiliki hidup yang selalu sehat. Hal ini pula yang dirasakan oleh Dimas (25), seorang warga Kabupaten Karawang yang sudah terbaring selama lima hari di rumah sakit karena sakit lambung yang dideritanya.

Usia muda tidak memberikan jaminan bagi seseorang untuk memiliki hidup yang selalu sehat. Hal ini pula yang dirasakan oleh Dimas (25), seorang warga Kabupaten Karawang yang sudah terbaring selama lima hari di rumah sakit karena sakit lambung yang dideritanya.

Foto: istimewa
Kartu JKN juga digunakan untuk menjalani tindakan operasi kelenjar getah bening.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG--Usia muda tidak memberikan jaminan bagi seseorang untuk memiliki hidup yang selalu sehat. Hal ini pula yang dirasakan oleh Dimas (25), seorang warga Kabupaten Karawang yang sudah terbaring selama lima hari di rumah sakit karena sakit lambung yang dideritanya.

“Awalnya saya sudah menjalani rawat jalan selama kurang lebih satu minggu karena sakit lambung, tapi tidak ada perubahan. Perut saya terus terasa sakit hingga saya lemas. Akhirnya saya memberanikan diri untuk datang periksa lagi ke rumah sakit dan ternyata saya harus menjalani rawat inap,” ungkap Dimas, Rabu (31/08).

Baca Juga

Beruntung Dimas telah terdaftar menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen Pekerja Bukan Penerima Upah atau peserta mandiri. Bagi Dimas, memiliki jaminan kesehatan merupakan suatu keharusan. Pemuda yang memiliki hobi bermain futsal ini menuturkan bahwa sakit bisa datang kapan saja tanpa mengenal waktu maupun usia. Oleh karenanya Dimas memilih Program JKN sebagai penjamin pertama dirinya.

“Alhamdulillah saya bersyukur telah memiliki Kartu JKN. Saya sangat mengerti betapa pentingnya memiliki jaminan kesehatan. Benar terbukti sekarang ketika saya harus menjalani rawat inap seperti sekarang saya tidak perlu khawatir karena saya dapat menggunakan Kartu JKN untuk biaya pengobatan saya,” lanjut Dimas.

Dimas juga mengungkapkan bahwa sebelumnya dirinya telah menggunakan Kartu JKN untuk menjalani tindakan operasi kelenjar getah bening. Ia menjelaskan bahwa dirinya tidak dapat membayangkan jika harus membayar sendiri biaya operasi tersebut.  

“Program JKN telah memberikan manfaat yang sangat besar dalam hidup saya. Selama saya menggunakan  Kartu JKN, pelayanan yang saya dapatkan selalu memuaskan dan sangat baik. Selain itu saya juga tidak merasakan perbedaan pelayanan dengan pasien-pasien lainnya,” tutur Dimas.

Dimas pun berharap BPJS Kesehatan beserta dengan fasilitas kesehatan dapat terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya peserta JKN. Dengan demikian masyarakat dapat menikmati jaminan kesehatan yang pasti dan aman, yaitu JKN.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA