Jumat 30 Sep 2022 19:16 WIB

Bima Sakti: Indonesia Siap Hadapi Jadwal Padat Kualifikasi Piala Asia U-17

Timnas U-17 hanya punya istirahat penuh sehari antara satu laga ke laga selanjutnya.

Pelatih timnas Indonesia U-17 Bima Sakti (kiri)
Foto: DOK PSSI
Pelatih timnas Indonesia U-17 Bima Sakti (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional Indonesia U-17 Bima Sakti mengatakan, skuadnya siap menghadapi jadwal padat di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Timnas U-17 harus menjalani laga dengan waktu istirahat satu hari antarpertandingan selama sekitar satu pekan.

"Jadwal padat ini tantangan buat kami. Jadi kami mesti menyiasati setiap pertandingan," ujar Bima dalam konferensi pers di kawasan Sentul, Bogor, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga

Tantangan tersebut dinilai Bima semakin berat karena di kompetisi tersebut setiap tim hanya diperkenankan membawa maksimal 23 pemain. Hal itu berbeda dengan Piala AFF U-16 2022, turnamen terakhir yang diikuti Muhammad Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan sebelum Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Di sana, setiap tim memiliki dua hari penuh untuk beristirahat di antara pertandingan. Jumlah pemain yang dibawa juga lebih banyak yakni 28 orang.

Salah satu strategi yang akan ditempuh Bima Sakti untuk mempertahankan kebugaran anak-anak asuhnya adalah melakukan rotasi pemain pada setiap pertandingan. Selain menjaga kondisi fisik, rotasi tersebut juga memberikan jam terbang kepada para pemain timnas U-17.

"Kami memang mau berprestasi, tetapi tujuan pentingnya adalah memberikan pengalaman dan pembelajaran kepada semua pemain," kata Bima.

Rangkaian pertandingan Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 berlangsung pada 1-9 Oktober 2022 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Di grup itu, Indonesia bersaing dengan Malaysia, Palestina, Guam dan Uni Emirat Arab (UEA).

Pada laga pertama, Senin (3/10), Indonesia akan melawan Guam. Lalu dua hari kemudian menghadapi UEA, menjajal kekuatan Palestina pada Jumat (7/10). Terakhir, Indonesia bersua Malaysia pada Ahad (9/10).

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement