Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

LSF Harap Korea Indonesia Film Festival Dapat Membuat Film Kedua Negara Berkembang Bersama

Jumat 30 Sep 2022 17:06 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Salah satu adegan film aksi Confidential Assignment 2: International. Film yang dibintangi Hyun Bin dan dan Yoona (SNSD) ini menjadi pembuka Korea Indonesia Film Festival (KIFF) pada 29 September 2022.

Salah satu adegan film aksi Confidential Assignment 2: International. Film yang dibintangi Hyun Bin dan dan Yoona (SNSD) ini menjadi pembuka Korea Indonesia Film Festival (KIFF) pada 29 September 2022.

Foto: Dok EON Talk
Ketua LSF berharap KIFF tidak cuma digelar setahun sekali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Lembaga Sensor Film (LSF) Rommy Fibri Hardiyanto berharap acara Korea Indonesia Film Festival (KIFF) dapat membuat film Korea dan Indonesia berkembang bersama-sama. Ia mengaku telah mengikuti perkembangan film Korea di Indonesia sejak 2015 karena tuntutan pekerjaan di LSF.

"Semakin saya ikuti film Korea, saya bisa pahami kenapa penggemarnya suka, bukan hanya karena aktornya, tapi jalinan ceritanya juga,” ujar Rommy dalam acara pembukaan KIFF 2022 di CGV Cinemas Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga

Perkembangan itu membuat Korea dan Indonesia tidak memiliki sekat, dan sangat erat. Rommy menyebut, dulu anak muda memasang poster aktor Hollywood dan anak muda zaman sekarang memasang gambar bintang Korea.

Rommy mengatakan hal itu juga dilakukan oleh anak-anaknya. "Cerita ini bukan di luar saya, tapi saya bergumul di domestik, juga mengalami itu," kata dia.

Rommy menganggap acara KIFF tepat diselenggarakan demi tujuan memperkuat pertukaran budaya kedua negara melalui film-film yang ditayangkan. Bahkan, dia mengusulkan KIFF dapat diselenggarakan enam bulan atau tiga bulan sekali, tidak hanya setahun sekali.

"Saya katakan apa adanya, beneran yang ada di masyarakat. Harapannya sineas Indonesia bisa membuat pairing. Kalau dengan negara lain bisa ngejar penokohan, kalau dengan Korea ini harusnya ngejar juga," ujar Rommy.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA