Jumat 30 Sep 2022 15:30 WIB

100 Acara Meriahkan Muhammadiyah Jogja Expo 2022

Acara ini akan diselenggarakan pada 6-9 Oktober 2022 di Kampus Utama UAD.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
100 Acara Meriahkan Muhammadiyah Jogja Expo 2022. Kampus Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta
Foto: Republika/Eric Iskandarsjah Z
100 Acara Meriahkan Muhammadiyah Jogja Expo 2022. Kampus Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Agenda Muhammadiyah Jogja Expo (MJE) 2022 akan diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY. Ini merupakan sarana syiar dan turut menyambut Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah di Surakarta pada 18 November 2022.

Acara ini akan diselenggarakan pada 6-9 Oktober 2022 di Kampus Utama Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jalan Ring road Selatan Yogyakarta. Ini merupakan pelaksanaan kedua dari Muhammadiyah Jogja Expo, setelah sukses diselenggarakan pada 2018.

Baca Juga

Ketua Panitia Muhammadiyah Jogja Expo 2022, Taufik Ridwan mengatakan, MJE 2022 diinisiasi pula sebagai satu wujud kepedulian mereka terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dengan memfasilitasi adanya expo yang diikuti 170 penyewa.

Adapun peserta expo tidak cuma berasal dari internal Muhammadiyah atau Pimpinan Cabang dan Ranting Muhammadiyah DIY. Tapi, diikuti UMKM kuliner halal, busana Muslim, herbal, buku dan Alquran serta multiproduk kebutuhan Muslim lainnya.

"Selain expo, MJE menggelar lebih dari 100 jenis acara di panggung Utama dan panggung pendukung," kata Taufik, Jumat (30/9).

Dimulai dari upacara pembukaan yang berlangsung pada 6 Oktober 2022. Kemudian, ada Pengajian Akbar yang diisi Prof Abdul Mu'ti, aksi sosial Lazismu PWM DIY, pembagian 4.800 paket sembako kepada mubaligh dan guru Muhammadiyah se-DIY.

Ada pula acara untuk kalangan muda Konser Musik Muhammadiyah Milenial bersama Damara De dan Sekar Retno Larasati (Finalis Syair Ramadhan 2022 GTV). Untuk anak-anak, akan diselenggarakan Cooking Class for Kids bersama Chef Berlin.

MJE turut menggelar aksi-aksi sosial berupa pemeriksaan, pengobatan gratis dan pemberian suplemen kesehatan untuk 2.000 pengemudi ojek daring. Kemudian, akan ada kegiatan seni budaya wayang dan kethoprak kontemporer dari Muhammadiyah.

Serta, lanjut Taufik, Sanskrit Award yang merupakan penganugrahan kepada tokoh-tokoh Muhammadiyah yang berjasa dalam dunia seni, budaya dan olahraga di DIY. Dimeriahkan pula pameran seni rupa dari seniman nasional dan internasional.

"Acara ini dibuka untuk masyarakat umum, harapannya semoga bermanfaat dan mampu menjadi sarana hiburan edukatif dan sarana bangkit UMKM khususnya di wilayah DIY ," ujar Taufik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement