Jumat 30 Sep 2022 14:59 WIB

Letjen Eko Margiyono Tegaskan HUT Ke-77 Tunjukkan TNI Solid

Kasum menerangkan, peringatan HUT menunjukkan soliditas TNI secara menyeluruh.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Eko Margiyono.
Foto: Dok Puspen TNI
Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Eko Margiyono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Eko Margiyono menyatakan, pihaknya ingin memperlihatkan soliditas dalam rangkaian upacara dan puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 TNI yang dipusatkan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2022).

"Intinya, kami ingin pada upacara HUT TNI yang sekarang ini, kami ingin menunjukkan soliditas TNI secara menyeluruh," kata Eko saat meninjau gladi kotor perayaan HUT TNI di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat.

Selain dilangsungkan secara terpusat, upacara peringatan HUT ke-77 TNI juga dilaksanakan secara mandiri di masing-masing daerah. Aspek soliditas TNI bisa ditunjukkan, antara lain lewat upacara peringatan secara gabungan apabila di daerah tersebut terdapat lebih dari satu matra.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-77 TNI di Lapangan Istana Merdeka. Jokowi dijadwalkan melakukan panggilan video untuk menyapa prajurit TNI yang bertugas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong di Kalimantan Barat, pengamanan terluar Sangihe-Talaud di Sulawesi Utara, petugas PLBN Sota di Merauke, Papua, serta PLBN Motaain Engelberhus Klau di Nusa Tenggara Timur.

Selain upacara peringatan HUT ke-77 TNI, perayaan itu juga akan diwarnai oleh demonstrasi atraksi pesawat dari TNI Angkatan Udara (AU), seperti fly pass pesawat F16, helikopter yang membawa bendera raksasa Merah Putih dan bendera trimatra, serta pertunjukan akrobat pesawat Jupiter.

TNI juga akan menggelar defile sekitar 63 kendaraan tempur dan alat sistem persenjataan utama (alutsista), yang rencananya berparade dari Istana Merdeka menuju Bundaran HI. Di Bundaran HI, rencananya defile akan berhenti sejenak untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melihat langsung jajaran alutsista terbaru milik TNI.

Eko di Istana meninjau pelaksaan kegiatan menyambut HUT TNI didampingi Kepala Staf Koopsudnas Marsda Tedi Rizalihadi S, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin, serta Kabag Operasi Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement