Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Muhammadiyah Bekerja Keras Mewujudkan Pengelolaan Perguruan Tinggi yang Baik

Jumat 30 Sep 2022 15:02 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil

Gedung kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

Gedung kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

Foto: UMP
10 Universitas Muhammadiyah masuk 100 besar kampus terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- 10 Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah (PTMA) dilaporkan masuk ranking 100 Kampus Terbaik versi UniRank. Pengamat Pendidikan Islam UIN Jakarta Jejen Musfah menyambut baik prestasi ini.

"Saya mengucapkan selamat dan bangga atas prestasi ini. Tidak mengherankan, karena Muhammadiyah telah bekerja keras dan menunjukkan kepada kita, bahwa perguruan tinggi swasta bisa maju dan bermutu, asal dikelola dengan baik, dengan prinsip keterbukaan dan tanggung jawab," kata dia dalam pesan teks yang didapat Republika, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga

Prestasi ini pun disebut didukung oleh SDM yang unggul. Pengelolaan perguruan tinggi yang dilakukan Muhammadiyah harus menjadi pelajaran bagi perguruan tinggi swasta lainnya, terlebih tentang good governance, pentingnya membangun sistem pendidikan yang terbuka, serta sesuai dengan kemajuan teknologi dan masyarakat 5.0.

Tak hanya itu, Muhammadiyah juga dinilai memberi pengajaran tentang bagaimana mengelola dana masyarakat dengan penuh amanah dan tanggung jawab, untuk kebaikan dan kemaslahatn pendidikan publik, bukan untuk memperkaya pribadi dan golongan.

Menurut Jejen, kekhasan dari program pendidikan maupun pengelolaan yang dimiliki oleh perguruan tinggi Muhammadiyah ada pada kekuatan membangun sistem dan SDM. Mereka tidak hanya berkualitas, tapi juga penuh integritas alias jujur dan amanah.

"Hal ini mendorong kepercayaan publik, misalnya mereka mewakafkan tanah dan lainnya. Intinya Muhammadiyah besar di antaranya berhasil mendapatkan kepercayaan publik. Ini kuncinya," lanjut dia.

Variabel lainnya yang dianggap menjadi poin penting adalah mampu memberikan kesejahteraan dan kenyamanan dalam bekerja kepada pegawai. Dengan hal ini, mereka pun bisa berkinerja dengan baik, termasuk dalam hal mengajar, riset, maupun pengabdian masyarakat.

University Ranking (UniRank) merupakan salah satu lembaga pemeringkatan perguruan tinggi internasional. Pada September 2022, mereka menerbitkan pemeringkatan universitas se-Indonesia, baik pada perguruan tinggi negeri maupun swasta yang telah memenuhi seleksi pada tiga aspek.

Aspek penilaian yang dilakukan adalah akreditasi perguruan tinggi terkait, melihat ada tidaknya program pascasarjana, serta proses perkuliahan yang dilakukan baik tatap muka atau jarak jauh.

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) masuk dalam peringkat 23 perguruan tinggi terbaik se Indonesia. Pada peringkat 28, tercatat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka pada peringkat 33.

Peringkat 41 diraih oleh Universitas Ahmad Dahlan, dua tingkat di bawahnya adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Di posisi 59 ditempati oleh Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menduduki peringkat 68. Universitas Muhammadiyah Purworejo berada di posisi 74, Universitas Muhammadiyah Semarang di peringkat 90 dan peringkat 95 ditempati Universitas Muhammadiyah Riau.  

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA