Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Pergelangan Kaki Terasa Gatal? Mungkin Ini Penyebabnya

Jumat 30 Sep 2022 14:31 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Gatal yang muncul di area pergelangan kaki bisa disebabkan oleh beragam hal.

Gatal yang muncul di area pergelangan kaki bisa disebabkan oleh beragam hal.

Foto: www.freepik.com.
Gatal yang muncul di area pergelangan kaki bisa disebabkan oleh beragam hal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gatal yang muncul di area pergelangan kaki bisa disebabkan oleh beragam hal. Terkadang, rasa gatal di pergelangan kaki juga bisa menjadi penanda adanya penyakit lain yang mendasari.

Menurut Cleveland Clinic, penyebab tersering dari gatal di area pergelangan kaki adalah eksim atau dermatitis atopik. Orang-orang dengan asma atau alergi memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami eksim.

Baca Juga

"Ada pengobatan yang bisa mengelola gejala, namun tidak ada (pengobatan) untuk menyembuhkan," pungkas Cleveland Clinic melalui laman resminya.

Gatal di pergelangan kaki juga bisa menjadi penanda adanya masalah kesehatan lain yang mendasari. Salah satu di antaranya adalah diabetes yang bisa memunculkan gejala gatal pada berbagai area tubuh, termasuk pergelangan kaki.

Penyakit lain yang juga dapat memunculkan keluhan gatal di pergelangan kaki adalah penyakit autoimun seperti lupus dan rheumatoid arthritis. Penyakit-penyakit autoimun ini bisa menyerang sel-sel di area pergelangan kaki sehingga memunculkan keluhan gatal di area tersebut.

Seperti dilansir HealthDigest, Jumat (30/9/2022), beberapa kondisi lain yang bisa memicu gatal di area pergelangan kaki adalah dermatitis kontak, alergi, hives atau urtikaria, infeksi jamur, kulit kering, dan selulitis. Menurut Patient.info, selulitis adalah infeksi bakteri pada kulit yang bisa memunculkan rasa gatal di pergelangan kaki.

WebMD menambahkan, gatal pada kulit, termasuk di area pergelangan kaki, bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu. Beberapa obat yang bisa memicu keluhan seperti ini adalah antibiotik berbasis penisilin, obat sulfa, antikonvulsan, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), dan kemoterapi. Rasa gatal bisa muncul bila obat-obatan ini memicu reaksi alergi.

 

Kiat Mengatasi Gatal pada Pergelangan Kaki

Sebagian orang biasanya mengaplikasikan krim untuk meredakan rasa gatal. Namun cara ini tak selalu bekerja dengan baik, terutama bila gatal yang muncul disebabkan oleh adanya penyakit lain yang mendasari seperti diabetes.

Rasa gatal yang muncul akibat diabetes perlu diatasi secara komprehensif. Beberapa upaya yang perlu dilakukan adalah mengonsumsi obat diabetes sesuai anjuran dokter secara rutin, memperbaiki pola makan, serta berolahraga rutin. Cara-cara ini dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga sirkulasi darah bisa lebih baik dan kesehatan saraf-saraf lebih terjaga.

Gatal yang dipicu oleh kanker atau terapi kanker bisa diatasi dengan menghindari penggunaan sepatu atau kaus kaki yang ketat atau mengaplikasikan krim yang tak mengandung alkohol. Mengaplikasikan lotion setelah berendam air hangat juga bisa membantu meringankan rasa gatal tersebut.

Sedangkan untuk gatal di area kaki secara umum, WebMD merekomendasikan pengaplikasian kompres dingin di area yang terdampak. Hal lain yang perlu dilakukan adalah menjaga kulit tetap terhidrasi dan mengaplikasikan krim.

Bila rasa gatal dipicu oleh penyakit autoimun, penanganan yang bisa diberikan akan sangat beragam, tergantung dengan jenis autoimun yang dialami pasien. Akan lebih baik bila pasien berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara yang paling optimal dalam mengatasi keluhan gatal tersebut. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA