Jumat 30 Sep 2022 12:18 WIB

Koin Pertama Tampilkan Raja Charles III Rilis Desember

Koin 50 pence yang tampilkan Raja Charles III akan beredar pada Desember

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Royal Mint Inggris telah meluncurkan koin pertama yang menampilkan potret Raja Charles III yang akan mulai beredar pada Desember
Foto: AP/Markus Schreiber/AP Pool
Royal Mint Inggris telah meluncurkan koin pertama yang menampilkan potret Raja Charles III yang akan mulai beredar pada Desember

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Royal Mint Inggris telah meluncurkan koin pertama yang menampilkan potret Raja Charles III. Warga Inggris akan mulai melihat gambar raja baru sekitar Desember, saat koin 50 pence itu secara bertahap mulai beredar.

"Kami dengan bangga memperkenalkan potret koin resmi pertama Raja Charles III yang telah dirancang oleh Martin Jennings FRSS," ujar akun resmi Royal Mint pada Jumat (30/9/2022).

Gambar Charles di koin ini dibuat oleh pematung Inggris dan telah disetujui secara pribadi oleh raja. Sesuai dengan tradisi, potret raja menghadap ke kiri berlawanan dengan arah ibunya, Ratu Elizabeth II.

"Charles telah mengikuti tradisi umum yang kita miliki dalam mata uang Inggris, kembali ke Charles II sebenarnya, bahwa raja menghadap ke arah yang berlawanan dengan pendahulunya," kata Chris Barker di Royal Mint Museum.

Charles digambarkan tanpa mahkota. Sebuah prasasti Latin yang mengelilingi potret itu diterjemahkan menjadi "Raja Charles III, dengan Rahmat Tuhan, Pembela Iman."

Jennings mengatakan potret itu dipahat dari foto Charles. “Ini adalah karya terkecil yang pernah saya buat, tetapi sangat memalukan mengetahui bahwa itu akan dilihat dan dipegang oleh orang-orang di seluruh dunia selama berabad-abad yang akan datang,” katanya.

Selain perilisan koin pertama penampilan Raja Charles III, dirilis pula koin 5 pon peringatan terpisah yang mengingat kehidupan dan warisan Ratu Elizabeth II akan dirilis Senin (3/10/2022). Satu sisi koin ini menampilkan Charles, sedangkan sisi sebaliknya menampilkan dua potret baru Elizabeth secara berdampingan.

Badan yang berbasis di Wales selatan ini telah menggambarkan keluarga kerajaan Inggris pada koin selama lebih dari 1.100 tahun. Mendokumentasikan potret setiap raja sejak Alfred the Great.

"Saat pertama kali kami membuat koin, itulah satu-satunya cara agar orang dapat mengetahui seperti apa sebenarnya raja, bukan di zaman media sosial seperti sekarang. Jadi potret Raja Charles akan ada di setiap koin saat kita bergerak maju," kata Kepala Eksekutif Royal Mint Anne Jessopp.

Charles naik takhta pada 8 September setelah kematian ibunya yang meninggal pada usia 96 tahun. Sekitar 27 miliar koin bergambar Ratu Elizabeth II yang saat ini beredar di Inggris. Semua akan tetap sah dan beredar aktif, untuk diganti seiring waktu karena rusak atau aus.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement