Jumat 30 Sep 2022 11:26 WIB

Preskom PTPP: Progres Pembangunan Tiga Proyek Lebih Cepat

Proyek diharapkan selesai sesuai waktu yang ditargetkan dengan kualitas terbaik.

Presiden Komisaris PTPP Andi Gani Nena Wea melakukan kunjungan kerja ke tiga lokasi proyek yang berada di Jakarta dan Tangerang.
Foto: Istimewa
Presiden Komisaris PTPP Andi Gani Nena Wea melakukan kunjungan kerja ke tiga lokasi proyek yang berada di Jakarta dan Tangerang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Komisaris PTPP Andi Gani Nena Wea melakukan kunjungan kerja ke tiga lokasi proyek yang berada di Jakarta dan Tangerang. Ketiga lokasi proyek yang dikunjungi yaitu pembangunan proyek Gedung Kantor ASDP di Jakarta, proyek Urbantown Serpong di Tangerang, dan proyek Sudimara Forestwalk di Tangerang. 

Dalam kunjungan kerjanya, Andi Gani didampingi Anggota Dewan Komisaris PTPP lainnya, yaitu Komisaris Independen Istiono, Komisaris Ernadhi Sudarmanto, dan Komisaris Loso Judijanto. Turut hadir dalam kunjungan kerja antara lain, Direktur Operasi Bidang Gedung Anton Satyo Hendriatmo, SVP Corporate Secretary PTPP Bakhtiyar Efendi, SVP Operasi Gedung PTPP Andek Prabowo, GM Operasi Gedung PTPP Yudi Setiawan, dan Direktur Utama PTPP Urban Fahrul Ulum.

Kunjungan kerja pertama dilakukan ke proyek pembangunan Gedung Kantor ASDP yang berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jakarta Pusat. Proyek pembangunan Gedung  Kantor ASDP tersebut ditargetkan dapat selesai pada Februari 2023 dengan durasi masa pemeliharaan selama 16 bulan. 

Proyek ini terdiri dari 1 lantai basement dan 10 lantai (9 lantai dan 1 atap). Sampai dengan pekan ketiga September, progress pembangunan proyek ASDP telah mencapai 95,15 persen dimana lebih cepat dari target yang direncanakan sebesar 52,65 persen.

Adapun lingkup pekerjaan pembangunan proyek tersebut, antara lain, pekerjaan perencanaan dan persiapan, pekerjaan struktur, pekerjaan landscape, pekerjaan arsitektur & interior, pekerjaan Mechanical Electrical Plumbing (MEP) & penyambungan, dan lainnya. 

Gedung Kantor ASDP dibangun di atas lahan seluas 3.600 meter persegi (m2) dengan luas bangunan seluas 10.416 m2. Dalam pembangunannya, tim proyek menerapkan inovasi dalam pekerjaan area parkir berupa Area Puzzle Parking yang digunakan sebagai solusi atas lahan parkir yang sangat terbatas di area proyek. 

Puzzle Parking ini memiliki kapasitas penampungan sebanyak 85 kendaraan mobil yang terintegrasi dengan RFID Card, namun dapat digunakan secara manual. Waktu maksimal untuk keluar kendaraan dari area parkir tersebut adalah selama 4 menit.

Andi Gani bersama Dewan Komisaris dan Manajemen PTPP lalu melanjutkan kunjungan kerja ke lokasi proyek kedua yang berlokasi di area segitiga emas Tangerang Selatan. 

Proyek Urbantown Serpong ini terdiri dari 2 tower, dimana progress pekerjaan konstruksi apartemen tersebut telah mencapai 100 persen. Urbantown Serpong Tower 1 terdiri dari 483 unit dan Tower 2 terdiri dari 1.104 unit. 

Proyek yang dimiliki oleh PTPP Urban ini juga tengah mengembangkan The Urban House. PTPP Urban merupakan anak usaha PTPP yang bergerak di bidang konstruksi, development, dan pracetak. 

The Urbanhouse Serpong merupakan hunian ekslusif untuk masyarakat dengan gaya hidup modern. Dengan desain dan konsep minimalis yang disuguhi oleh fitur Hi-Tech dan High Quality sehingga tercipta Smart Home System. 

Kemudian, kunjungan kerja ketiga ke proyek pembangunan Apartemen Sudimara Forestwalk yang berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan. Proyek pembangunan Apartemen Sudimara Forestwalk ini juga dimiliki oleh PTPP Urban. 

Proyek apartemen ini ditargetkan dapat selesai pada bulan Maret 2023 mendatang. Adapun lingkup pekerjaan proyek tersebut, antara lain pekerjaan perijinan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, pekerjaan MEP, provisional sum, dan lainnya.

Sampai dengan akhir pekan kedua September 2022, progress pembangunan Apartemen Sudirmara Forestwalk telah mencapai 44,56 persen lebih cepat dari yang ditargetkan sebesar 42,12 persen.

Proyek pembangunan apartemen ini terdiri dari 1 tower dengan total luas bangunan seluas 28.191 m2 yang terdiri dari 2 basement, 1 ground floor, dan 23 lantai tower. Apartemen Sudirmara Forestwalk ini nantinya akan memiliki 713 unit apartemen, 105 unit parkir mobil, dan 66 unit parkir motor, area utilitas, area komersial, ruko, dan lainnya.

Apartemen Sudimara Forestwalk mengusung tema forest atau konsep dekat dengan alam dimana dalam pembangunan kawasannya memaksimalkan penghijauan. Proses pembangunan apartemen ini juga sangat memperhatikan kelestarian flora di lokasi proyek dan mempertahankan pohon-pohon rindang yang terdapat di sekitar kawasan.

"Dari 3 proyek yang kami kunjungi, 2  di antaranya masih dalam proses konstruksi dan memiliki progress yang berjalan dengan baik dan lebih cepat dari yang ditargetkan terutama di masa Pandemi Covid-19 ini," kata Andi Gani dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Jumat (30/9/2022).

Andi Gani mengharapkan, kedua proyek tersebut dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang ditargetkan dengan kualitas terbaik. "Kami sangat mengapresiasi tim proyek yang selalu menerapkan inovasi dalam setiap proses kegiatan pembangunan proyek. Tidak lupa agar tim proyek terus meningkatkan performance K3 di dalam setiap kegiatan," ujarnya.

Andi Gani mengaku, sangat bangga dimana pembangunan proyek Gedung Kantor ASDP memiliki progress yang sangat cepat. Dimana, tim proyek dapat mengerjakan pembangunan dengan progress lebih cepat 4 bulan dari yang ditargetkan. 

"Tidak hanya cepat dalam pengerjaannya, kualitas dari hasil pekerjaan konstruksi tersebut juga memiliki kualitas yang terbaik. Dengan pengalaman pekerjaan proyek tersebut tentunya akan memberikan legacy baru bagi perusahaan," jelasnya.

Selain itu, PTPP sebagai perusahaan yang memiliki komitmen terhadap Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsobility (CSR) dalam pembangunan berkelanjutan harus memberikan manfaat terhadap ekonomi, sosial, lingkungan, hukum serta tata kelola perusahaan yang lebih terintegrasi. 

Untuk itu, kegiatan CSR harus menjadi perhatian bagi tim proyek terutama terhadap masyarakat sekitar pembangunan proyek. CSR yang berjalan dengan baik dan berkelanjutan akan memberikan dampak positif bagi Tim Proyek dan PTPP untuk jangka panjang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement