Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

JAS Airport Service Siap Tangani Pengiriman Baterai Lithium

Kamis 29 Sep 2022 23:00 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Presiden Direktur and CEO JAS Airport Services Adji Gunawan. PT Jasa Angkasa Semesta (JAS Airport Services) menjadi salah satu perusahaan ground handling pertama di dunia dan pertama di Indonesia yang meraih sertifikasi CEIV Lithium Battery. Dengan adanya sertifikasi tersebut, JAS Airport Service siap menangani pengiriman baterai lithium.

Presiden Direktur and CEO JAS Airport Services Adji Gunawan. PT Jasa Angkasa Semesta (JAS Airport Services) menjadi salah satu perusahaan ground handling pertama di dunia dan pertama di Indonesia yang meraih sertifikasi CEIV Lithium Battery. Dengan adanya sertifikasi tersebut, JAS Airport Service siap menangani pengiriman baterai lithium.

Foto: Republika/Rahayu Subekti
Dengan sertifikasi, JAS Airport siap jadi bagian rantai pasok baterai Lithium CEIV

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Angkasa Semesta (JAS Airport Services) menjadi salah satu perusahaan ground handling pertama di dunia dan pertama di Indonesia yang meraih sertifikasi CEIV Lithium Battery. Dengan adanya sertifikasi tersebut, JAS Airport Service siap menangani pengiriman baterai lithium.

“Dengan sertifikasi baterai Lithium CEIV ini, kami siap berkontribusi pada rantai pasokan Indonesia untuk baterai lithium dan mendukung aspirasi nasional kami untuk menjadi produsen dan pengekspor baterai lithium global seperti yang dicita-citakan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo,” kata Presiden Direktur and CEO JAS Airport Services Adji Gunawan dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (29/9/2022). 

Sertifikasi yang didapatkan JAS tersebut diumumkan oleh The International Air Transport Association ( IATA) pada acara World Cargo Symposium 2022 di London, Inggris, Rabu (28/9/2022). Adji mengaku bangga dengan diterimanyasertifikasi baterai lithium CEIV setelah melalui proses penilaian, pelatihan, dan validasi yang ketat oleh IATA. 

“Kami bangga mendapatkan sertifikasi ini, yang menunjukkan aspirasi kami untuk menerapkan standar global dan keahlian orang-orang berkaliber tinggi dari JAS Airport Services,” ungkap Adji.

Dia memastikan sertifikadi CEIV akan menjadi komitmen JAS Airport Services untuk secara konsisten memenuhi standar internasional. Khsusunya dalam memberikan layanan kepada semua pelanggan JAS.

Sementara itu, Global Head of Cargo IATA Brendan Sullivan menuturkan sertifikasi tersebut dapat memberikan keyakinan kepada para pelanggan JAS Airport Services. Khsuusnya dalam menjain pengiriman yang mengandung baterai lithium akan ditangani dengan standar keamanan tertinggi, mendukung visi Indonesia untuk menjadi produsen dan pengekspor baterai EV global.

“Pencapaian ini akan memberikan jaminan dan keyakinan kepada para pengirim barang, ekspedisi, dan maskapai penerbangan global bahwa JAS beroperasi dengan standar keselamatan tertinggi saat menangani pengiriman baterai lithium mereka di Indonesia,” ungkap Sullivan.

Sertifikasi The Center of Excellence for Independent Validators Lithium Batteries (CEIV Li-batt) adalah program terbaru yang diluncurkan oleh IATA pada 2021. Program sertifikasi industri baru tersebut dirancang untuk meningkatkan penanganan dan pengangkutan produk baterai lithium yang aman di seluruh rantai pasokan mulai dari shipper, freight forwarder, operator terminal kargo hingga maskapai penerbangan.

Sertifikasi tersebut juga sebagai pengakuan internasional yang akan membantu mempromosikan posisi Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK). Khususnya dalam menjadi hub kargo udara terkemuka yang beroperasi dengan standar global kompetensi dan manajemen kualitas untuk menangani baterai lithium.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA