Saturday, 6 Rajab 1444 / 28 January 2023

Kemendikbudristek Buka Pendaftaran KIP Kuliah Sepanjang Tahun

Kamis 29 Sep 2022 21:42 WIB

Red: Ratna Puspita

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Abdul Kahar mengatakan pendaftaran KIP Kuliah terbuka sepanjang tahun.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Abdul Kahar mengatakan pendaftaran KIP Kuliah terbuka sepanjang tahun.

Foto: Www.freepik.com
Kemendikbudristek juga tidak membedakan antara PTN dan PTS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Abdul Kahar mengatakan pendaftaran KIP Kuliah terbuka sepanjang tahun. KIP Kuliah bertujuan membantu mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik akan tetapi secara ekonomi perlu dibantu.

"Pada dasarnya, KIP Kuliah buka sepenuhnya, pendaftarannya sepanjang tahun. Tergantung mau memilih jalur mana dan tujuannya kemana perguruan tinggi yang dituju," ujar Abdul Kahar dalam webinar yang dipantau di Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Baca Juga

Dia memberi contoh, jika seorang calon mahasiswa mau mendaftar jalur seleksi berdasarkan prestasi atau SNMPTN maka calon mahasiswa tersebut bisa mendaftar KIP Kuliah. Namun jika mahasiswa tersebut tidak lolos seleksi jalur prestasi maka bisa kemudian mendaftar seleksi berdasarkan tes atau SBMPTN.

"Jika tidak lolos juga jalur SBMPTN maka bisa mendaftar dengan menggunakan jalur mandiri," kata dia.

Kemendikbudristek juga tidak membedakan antara PTN dan PTS. Hal itu karena KIP Kuliah menyasar mahasiswa dimanapun tempat kuliahnya. 

Minimum akreditasi perguruan tinggi tersebut yakni C. "Tidak ada perbedaan antara PTN dan PTS, sama-sama punya hak menyelenggarakan KIP Kuliah," kata dia lagi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA