Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

6 Alasan Minum Kopi Saat Perut Kosong Berbahaya

Jumat 30 Sep 2022 02:03 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Gita Amanda

Kopi (ilustrasi). Efek kopi akan berbahaya jika diminum dengan perut kosong.

Kopi (ilustrasi). Efek kopi akan berbahaya jika diminum dengan perut kosong.

Foto: Pixabay
Pagi hari mungkin waktu terburuk minum kopi karena kadar kortisol sudah tinggi

REPUBLIKA.CO.ID, Secangkir kopi memiliki manfaat tersendiri dan ada beberapa penelitian yang membuktikan efek positif kopi pada kesehatan dari umur panjang, pencegahan penyakit jantung, diabetes, penyakit Alzheimer dan bahkan kanker. Namun, efek kopi akan berbahaya jika diminum dengan perut kosong.

Dilansir dari hindustantimes pada Kamis (29/9/2022), minum kopi di pagi hari bisa lebih berbahaya daripada kebaikan dan menyebabkan masalah pencernaan, ketidakseimbangan gula darah dan lonjakan tingkat stres. Juga pagi hari mungkin adalah waktu terburuk untuk minum kopi karena kadar kortisol Anda sudah tinggi pada saat itu dan minum kopi dapat lebih meningkatkan tingkat hormon stres yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan peningkatan kecemasan.

Baca Juga

Berikut enam alasan minum kopi saat perut kosong berbahaya yaitu :

1. Dapat Menyebabkan Kembung

Kopi dapat merangsang produksi asam lambung. Peningkatan produksi asam lambung yang berbahaya ini sangat mengganggu sistem pencernaan tubuh, menyebabkan masalah seperti gangguan pencernaan, kembung, mual dan sebagainya.

2. Meningkatkan Hormon Stres

Pertama, meningkatkan kortisol, yang dapat berdampak negatif pada ovulasi, berat badan dan keseimbangan hormon. Apa yang disebut hormon stres antara lain, membantu mengatur energi dan membuat Anda merasa waspada secara alami memuncak saat Anda bangun dan yang menarik, kopi merangsang produksi kortisol.

3. Berdampak pada Kontrol Gula Darah

Kontrol gula darah Anda terganggu ketika hal pertama yang bersentuhan dengan tubuh Anda adalah kopi.

4. Perubahan Suasana

Minum kopi saat perut kosong dapat membuat Anda gelisah, gemetar dan efek penarikan lainnya, termasuk perubahan suasana hati.

5. Masalah Hormon

Berdampak pada penyerapan levothyroxine (hormon tiroid sintetis). Sehingga berdampak pada konversi hormon T4 menjadi T3.

6. Menyebabkan Inflamasi

Merupakan kontributor signifikan terhadap stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh. Kelelahan, masalah kulit, diabetes dan kondisi autoimun hanyalah beberapa kondisi yang terkait dengan peradangan.

Jika Anda bertanya-tanya apa waktu terbaik untuk minum kopi, kopi dapat meminumnya di pagi hari tidak lama setelah sarapan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA