Kamis 29 Sep 2022 20:53 WIB

Besok, Putin akan Resmi Aneksasi Empat Wilayah Ukraina

Rusia menganeksasi Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia dan Kherson.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
 Presiden Rusia Vladimir Putin.
Foto: AP/Sergei Bobylev/Pool Sputnik Kremlin
Presiden Rusia Vladimir Putin.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin mulai resmi menganeksasi 15 persen wilayah Ukraina. Ia akan memimpin upacara di Kremlin untuk mendeklarasikan empat wilayah Ukraina sebagai bagian dari Rusia.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan upacara itu akan digelar pada Jumat (30/9) pukul 15.00 waktu setempat di Aula St George di Grand Kremlin Palace. (Untuk menandai) kesepakatan aksesi wilayah baru ke Federasi Rusia," katanya Kamis (29/9).

Baca Juga

Peskov mengatakan perjanjian akan ditandatangani "dengan empat wilayah yang menggelar referendum dan mengajukan korespondensi permintaan ke pihak Rusia."

Ukraina dan Barat menolak pemungutan suara yang menurut mereka sudah dicurangi sejak awal. Rusia menganeksasi  Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia dan Kherson tujuh bulan sejak Rusia menggelar invasinya.

Dengan aneksasi ini artinya luas wilayah yang Rusia ambil dari Ukraina seluas Portugal. Rusia sudah menganeksasi Semenanjung Crimea pada tahun 2014 lalu. Usai menandatangani perjanjian itu Putin akan menyampaikan pidato dan bertemu dengan administrator yang ditunjuk di wilayah Ukraina.

Peskov mengatakan upacara ini bagian dari proses terpisah pidato Putin di parlemen di panggung berikutnya. Panggung konser akan didirikan di Red Square. Peskov mengatakan media akan diberitahu apakah Putin akan hadir atau tidak. n Lintar Satria/Reuters  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement