Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Pogba Ungkap Perbedaan Serie A dengan Liga Primer Inggris

Kamis 29 Sep 2022 20:16 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Pemain Juventus Paul Pogba, kiri.

Pemain Juventus Paul Pogba, kiri.

Foto: AP/John Locher
Pogba meninggalkan MU untuk bergabung bersama Juventus.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Gelandang Juventus Paul Pogba menilai tidak ada perbedaan yang mencolok antara merumput di Liga Primer Inggris ataupun Liga Italia. Aspek ekonomi, tutur Pogba, menjadi satu-satunya perbedaan antara Serie A dan Liga Primer Inggris. 

Sejak mengawali karier profesional sebagai pesepak bola pada 2011, Pogba memang baru berkiprah di dua liga tersebut. Hingga sejauh ini, Manchester United dan Juventus menjadi dua klub yang pernah dibela gelandang berusia 29 tahun tersebut. 

Baca Juga

Pogba meninggalkan MU untuk bergabung bersama Juventus dengan status free transfer pada 2012. Setelah empat musim membela I Bianconeri dan mempersembahkan empat Scudetto dan dua trofi Coppa Italia, Pogba kembali ke United dengan tebusan nilai transfer mencapai 105 juta euro. 

Periode kedua Pogba bersama United tidak berjalan dengan memuaskan. Enam musim membela MU, Pogba hanya bisa mempersembahkan dua trofi, termasuk satu Liga Europa. Pogba akhirnya memilih kembali ke Juventus pada awal musim ini, lagi-lagi dengan status bebas transfer. 

Pogba pun menyebut, dari segi permainan, tidak ada yang membedakan antara Liga Italia dan Liga Primer Inggris. Serie A, ujar Pogba, masih menjadi salah satu liga terbaik dan tersulit di dunia. Mengantarkan sebuah tim menjadi kampiun di Liga Italia tetap menjadi tantangan yang sangat sulit. 

''Di luar aspek permainan di atas lapangan, hanya ada satu perbedaan antara dua kompetisi tersebut. Pada saat ini, perputaran uang atau aspek ekonomi Liga Primer Inggris sulit untuk ditandingi. Itu satu-satunya perbedaan,'' ujar Pogba dalam wawancara dengan majalah GQ seperti dilansir Football Italia, Kamis (29/9/2022).

Sayangnya, kesempatan kedua Pogba mengenakan seragam Juventus juga tidak berlangsung mulus. Belum sempat tampil di laga kompetitif bersama I Bianconeri pada musim ini, Pogba mengalami cedera lutut dan harus menjalani serangkaian operasi medis. Pun dengan keraguan soal peluang Pogba tampil memperkuat Les Bleus di Piala Dunia 2022. 

Kendati begitu, pemain yang mengantarkan Prancis juara Piala Dunia 2018 itu tengah bersiap untuk menjalani sesi latihan khusus di lapangan. Pogba digadang-gadang sudah bisa merumput pada akhir Oktober mendatang. 

''Saya sudah berjanji kepada fans Juventus untuk bekerja keras dan bisa segera merumput sesegara mungkin. Saya sudah tidak sabar untuk membantu tim ini meraih kemenangan, yang layak kami dapatkan,'' kata Pogba. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA