Kamis 29 Sep 2022 20:02 WIB

Festival Dana Sentarum Tampilkan Kearifan Lokal Kapuas Hulu

Kearifan lokal dan potensi alam Kapuas Hulu menjadi daya tarik tersendiri

Pemandangan kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (26/10).
Foto: Antara/Hs Putra Pasaribu
Pemandangan kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (26/10).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat siap menyelenggarakan Festival Danau Sentarum,22-26 Nopember 2022 dengan menampilkan berbagai kearifan lokal adat budaya masyarakat dan panorama alam daerah setempat.

"Ada parade perahu tradisional dan festival minum madu dan banyak lagi kearifan lokal yang akan ditampilkan di Festival Danau Sentarum mendatang," kata Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat, memimpin Rapat persiapan Festival Danau Sentarum, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis (29/9/2022).

Baca Juga

Festival Danau Sentarum agenda rutin Pemkab Kapuas Hulu yang dipusatkan di Lanjak Kecamatan Batang Lupar, daerah perbatasan Indonesia-Malaysia, wilayah Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat.

Disampaikan Wahyudi, kearifan lokal dan potensi alam Kapuas Hulu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dia menyebutkan selain parade perahu tradisional dan festival minum madu, akan ada juga olahraga tradisional, ritual tolak bala, lomba perahu bidar, pameran Danau Sentarum, ethnic musik tradisional (sape), pergelaran seni hiburan rakyat, bahkan akan ada juga bersepeda di jantung borneo.

"Rangkaian kegiatan di Festival Danau Sentarum itu semua untuk mempromosikan potensi alam dan wisata Kapuas Hulu dengan harapan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata Wahyudi.

Wahyudi juga mengajak semua pihak untuk turut serta mensukseskan pelaksanaan Festival Danau Sentarum yang merupakan salah satu kebanggaan dan memberikan dampak bagi masyarakat.

Ditempat terpisah, Camat Batang Lupar Bulen mengatakan pelaksanaan Festival Danau Sentarum telah disosialisasikan kepada masyarakat di sekitar kawasan Danau Sentarum.

"Masyarakat menyambut baik Festival Danau Sentarum dan memang sudah dinanti-nantikan masyarakat, apalagi sempat vakum saat pandemi COVID-19," ucap Bulen.

Dia berharap perlu dibentuk panitia tingkat kecamatan sebagai tuan rumah dengan melibatkan sejumlah pihak termasuk pihak masyarakat. "Harapan kita Festival Danau Sentarum sukses dan bermanfaat bagi masyarakat," kata dia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement