Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Livescore; Barito Berbagi Poin dengan Persik Kediri setelah Bermain Imbang 2-2

Kamis 29 Sep 2022 19:07 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pesepak bola Barito Putera Rafael Feital Da Silva (kanan) melakukan serlebrasi bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Persik Kediri saat pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (29/9/2022). Skor untuk sementara hingga babak pertama berakhir 1-1.

Pesepak bola Barito Putera Rafael Feital Da Silva (kanan) melakukan serlebrasi bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Persik Kediri saat pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (29/9/2022). Skor untuk sementara hingga babak pertama berakhir 1-1.

Foto: ANTARA/Bayu Pratama S
Persik sempat membalikkan keadaan menjadi 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, MARTAPURA -- PS Barito Putera harus berbagi poin dengan Persik Kediri pada pekan ke-11 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kamis (29/9/2022) sore WIB. Barito yang sempat memimpin harus berjuang untuk menyamakan kedudukan, laga pun berakhir imbang 2-2.

Tim tuan rumah memberikan inisiatif serangan dengan umpan jauh ke area pertahanan Persik. Tapi laju bola yang mengarah kepada Umanailo yang berlati di sisi kiri serangan masih terlalu keras dan hanya menghasilkan tendangan gawang bagi Persik. 

Baca Juga

Sementara itu Persik mendapat peluang pertama dari situasi tendangan bebas di menit keempat. Tapi tendangan Renan ke kotak penalti berhasil disapu bersih oleh bek dan menjadi serangan balik untuk Barito.

Sejurus kemudian, serangan tuan rumah berhasil mencapai area pertahanan Persik dari sisi kiri. Buyung Ismu mencoba mengotak-atik bola di sisi kanan kotak penalti kemudian melepaskan tembakan ke gawang tapi masih bisa diamankan dengan baik oleh kiper.

Kedua tim sama-sama kesulitan untuk menembus pertahanan lawan. Beberapa upaya dari umpan-umpan pendeng maupun bola-bola panjang masih bisa dipatahkan di area pertahanan. Beberapa percobaan tendangan jarak jauh olah Persik juga masih meleset jauh dari sasaran.

Di menit ke-26 Barito mendapat hadiah penalti setelah Agil Munawar dianggap melanggar Umanailo yang melakukan akselerasi di sisi kanan kotak penalti. Rafael yang menjadi eksekutor tendangan titik putih, berhasil menyarangkan bola ke gawang Persik untuk membawa Barito unggul 1-0.

Persik masih kesulitan untuk menembus pertahanan Barito untuk mengejar ketertinggalan mereka. Di menit ke-39, pergerakan Abiyoso di sisi kanan akhirnya bisa menembus pertahanan Barito. Ia melepaskan umpan tarik kepada Renan Silva dan dilanjutkan dengan tendangan Joanderson dari jarak dekat tapi masih bisa ditepis oleh kiper. 

Di menit-menit akhir babak pertama, Persik mendapat hadiah tendangan penalti setelah Firly dianggap melakukan pelanggaran kepada Krisna Bayu. Renan Silva yang menjadi eksekutor tendangan titik putih berhasil menyelesaikan tugasnya untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Di babak kedua Persik bermain lebih agresif di babak kedua. Peluang dimiliki Persik di menit ke-47 dari situasi tendangan sudut. Umpan pojok berhasil disambut oleh Arthur Felix dengan tandukan langsung ke gawang tapi masih bisa ditepis oleh kiper.

Kedua tim kesulitan untuk mengembangkan permainan dengan lebih banyak mengandalkan umpan-umpan jauh. Tapi Barito mampu menciptakan peluang di menit ke-65 saat Bayu Pradana melepaskan umpan dari bola mati yang disambut Rafael Silva di kotak penalti, sayang tandukan Rafael Silva tidak mengarah ke gawang.

Sejurus kemudian, tekanan dari Barito kembali mengancam gawang Persik. Serangan yang dibangun dari tengah dengan umpan-umpam pendek berhasil menembus pertahanan lawan, tapi penyelesaian akhir dengan tembakan Rafi Syahril masih melesat jauh di atas mistar gawang.

Barito kehilangan peluang emas di menit ke-74 saat kemelut terjadi di depan gawang Persik. Buyung Ismu yang mendapat bola, dengan gawang yang sudah ditinggalkan oleh kiper, gagal menyarangkan bola ke gawang. Tendangan Buyung meleset tipis di sisi kanan gawang.

Serangan bertubi-tubi dilancarkan oleh Barito ke gawang Persik. Tapi beberapa percobaan dan peluang yang didapatkan Buyung dkk masih belum membuahkan gol. Tendangan jarak jauh Buyung hanya membentur tiang gawang. 

Setelah mendapat serangan bertubi-tubi, Persik justru berhasil membalikkan keadaan di menit ke-82. Rendy, pemain yang baru masuk, berhasil mencetak angka saat memanfaatkan kesalahan Firly di depan gawang. Tembakan Rendy dari jarak membawa Persik unggul 2-1.

Barito terus berjuang keras untuk mengejar ketertinggalan. Beberapa peluang berhasil didapatkan oleh tuan rumah, mereka akhirnya menyamakan kedudukan di menit ke-90+7 saat Bagas Kaffa menyambut umpan tendangan sudut dengan tandukan memantul ke tanah utnuk merubah skor menjadi 2-2.

 

 

Susunan pemain kedua tim:

 

Barito Putera (4-5-1): Nur Halid (kiper); M. Firli, Renan Silva, Bagas Kaffa, Franc Sokoy; Buyung Ismu, Rafi Syahril, Bayu Pradana, Rafael Oliveira, Abrizal Umanailo; Rafael Silva.

Pelatih: Rodney Goncalves

 

Persik Kediri: Adi Satrio (kiper); Dany Saputra, Arthur Felix, Yusuf Meilana, Agil Munawar, Vava Mario Yagalo; Renan Silva, Ady Eko, Taufiq, Riyatno Abiyoso; Joanderson.

Pelatih: Divaldo Alves 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA