Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Yoga Mulai Diperkenalkan ke Universitas-Universitas di Arab Saudi Secara Masif 

Kamis 29 Sep 2022 13:13 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah

Yoga. Ilustrasi. Arab Saudi ingin menyebarkan Yoga sebagai bagian dari gaya hidup sehat

Yoga. Ilustrasi. Arab Saudi ingin menyebarkan Yoga sebagai bagian dari gaya hidup sehat

Foto: Reuters
Arab Saudi ingin menyebarkan Yoga sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH—Komite Yoga Arab Saudi, bekerja sama dengan Federasi Olahraga Universitas Saudi (SUSF), menyelenggarakan kuliah pengantar virtual untuk semua perwakilan universitas di seluruh Arab Saudi tentang yoga, Senin (26/9/2022). Kegiatan ini diberi tema “Yoga untuk Mahasiswa Kampus Dua Jenis Kelamin."

Pertemuan yang berlangsung di markas besar SSUF di Kementerian Pendidikan, Riyadh, dilakukan dalam kerangka sistem program dan inisiatif yang terintegrasi dari Komite Arab Saudi untuk Yoga. Hal ini untuk menyebarkan kesadaran dan memotivasi praktiknya sebagai gaya hidup untuk semua segmen masyarakat. 

Baca Juga

Dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (26/9/2022), acara tersebut bertepatan dengan kedatangan delegasi yoga pertama ke Kerajaan dari Asian Yogasana Sports Federation di India untuk kursus kualifikasi Yoga angkatan pertama Saudi. Kursus ini diselenggarakan oleh Kementerian Olahraga bekerja sama dengan Komite Yoga Saudi untuk melatih juri yoga Arab Saudi di Kerajaan.

Kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan olahraga yoga dan yogasana tradisional ke universitas-universitas Arab Saudi dan memberikan berbagai pilihan kepada mahasiswa di kampus universitas untuk berlatih yoga. 

Olahraga ini diklaim baik untuk kesehatan mental dan fisik mereka atau membawanya ke tingkat yang lebih tinggi dan mengikuti pelatihan olahraga yogasana profesional untuk menjadi bagian dari kompetisi lokal dan internasional.

Program ini juga menjelaskan sistem kompetisi yogasana profesional dalam olahraga universitas dan liga universitas. Ceramah tersebut memotivasi para pemuda untuk mengikuti pelatihan yoga yang berkelanjutan dan profesional.

Ceramah mencakup definisi dan dasar-dasar yoga tradisional, manfaat yoga untuk kesehatan dan kesehatan fisik di masa muda, olahraga yogasana untuk turnamen dan kompetisi, persyaratan untuk pelatihan yoga profesional, dan peraturan teknis Komite Yoga Arab Saudi untuk Kejuaraan dan Kompetisi di universitas Arab Saudi.

Presiden Arab Saudi Yoga Committee, Nouf Almarwaai menjelaskan, komite tersebut berusaha untuk mencapai visinya menyebarkan yoga secara besar-besaran di masyarakat Arab Saudi. 

Oleh karena itu, dia berinisiatif untuk bekerja sama dengan Saudi Universities Sports Federation dalam rangka membangun generasi pecinta yoga, terutama anak muda.

Dia menambahkan, panitia berupaya menambah jumlah praktisi dan membangun tim yoga yang mengikuti kejuaraan yoga lokal dan regional. Kerajaan diharapkan dapat unggul di tingkat Arab dalam yoga, dan warga serta penduduk mempraktikkannya dan pada saat yang sama mengajarkan yoga sebagai sebuah profesi.

Al-Marwaai menyebutkan manfaat berlatih yoga untuk pria dan wanita muda. Dia mengatakan studi ilmiah telah menunjukkan bahwa latihannya meningkatkan prestasi akademik siswa, dan memiliki peran penting dalam mengurangi stres dan kecemasan dan meningkatkan perkembangan motorik. 

Hal ini karena yoga diklaim memungkinkan orang muda untuk menggunakan otot yang berbeda, dan berbagai asana dan posisi mereka. Mulai dari peregangan, tekuk ke depan, tekuk tulang belakang ke belakang, asana memutar dan terbalik, serta asana keseimbangan memberikan kelenturan fisik bagi kaum muda untuk menjadi sehat. Alkhaledi Kurnialam   

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA