Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

Volkswagen Pasang Harga 82,50 Euro per Saham untuk IPO Porsche

Kamis 29 Sep 2022 12:23 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya

Logo Porsche. IPO Porsche akan menjadi yang terbesar di Eropa dalam satu dekade terakhir.

Logo Porsche. IPO Porsche akan menjadi yang terbesar di Eropa dalam satu dekade terakhir.

Foto: Reuters/Peter Andrews
IPO Porsche akan menjadi yang terbesar di Eropa dalam satu dekade terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produsen mobil asal Jerman, Volkswagen AG, telah menetapkan harga untuk anak usahanya, Porsche, yang akan menggelar penawaran umum perdana atau Initial Public Offering (IPO). Volkswagen memasang harga 82,50 euro per saham Porsche. 

Volkswagen juga memperhitungkan valuasi Porsche yang dinilai mencapai 73 miliar dolar AS atau sekitar Rp 1.095 triliun. Volkswagen ingin membuktikan  merek mobil sport ikonik tersebut dapat menghindari kemerosotan di pasar modal.

Baca Juga

Jika terlaksana, IPO Porsche akan menjadi yang terbesar di Eropa dalam satu dekade terakhir. Porsche memulai debutnya di pasar saham pada perdagangan Kamis di Frankfurt. 

IPO tersebut akan membantu Volkswagen mengumpulkan dana untuk mendorong elektrifikasinya. "Jika sebuah perusahaan dapat melakukan IPO di tengah pasar yang sulit, itu menunjukkan daya tarik bisnis," kata analis Jefferies, Philippe Houchois, dilansir Bloomberg, Kamis (29/9/2022).

Langkah Volkswagen mengantarkan Porsche untuk melantai di pasar saham ini dinilai cukup berani di tengah rendahnya minat IPO sepanjang tahun. Perusahaan menghindari pasar saham karena sentimen krisis energi kenaikan suku bunga dan rekor inflasi. 

Perusahaan menghimpun dana kurang dari 10 miliar dolar AS dalam IPO hingga Agustus tahun ini. Jumlah tersebut mengalami penurunan drastis sebesar 83 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

IPO Porsche akan menjadi yang terbesar di Eropa sejak perusahaan tambang Glencore Plc mengumpulkan hampir 10 miliar dolar AS dalam IPO London pada tahun 2011. Harga saham Porsche didasarkan pada total kapitalisasi pasar VW yang terdiri dari Audi, Skoda, Seat, dan merek VW lainnya.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA