Saturday, 6 Rajab 1444 / 28 January 2023

Bekal Bagus Persis Solo Saat Menjamu PSM Makassar

Kamis 29 Sep 2022 12:17 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih sementara Persis Solo, Rasiman (kanan).

Pelatih sementara Persis Solo, Rasiman (kanan).

Foto: Dokumen
PSM satu-satunya tim di Liga 1 yang belum tersentuh kekalahan sejauh ini.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Persis Solo akan menjamu PSM Makassar pada pekan ke-11 Liga 1 Indonesia, di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (29/9/2022). PSM bukan lawan yang mudah dikalahkan karena performanya sedang stabil di awal musim ini.

PSM jelas bertekad membawa pulang tiga poin dari Solo agar tetap bisa menempel ketat pemuncak klasemen sementara, Madura United. Skuad Juku Eja kini duduk di posisi kedua klasemen dengan selisih dua poin dari Madura United. Selain itu, alasan PSM wajib menang atas Persis karena berpotensi dikudeta oleh dua tim di bawahnya, yakni Bali United dan Persija Jakarta, yang hanya terpaut satu poin.

Baca Juga

PSM juga satu-satunya tim di Liga 1 yang belum tersentuh kekalahan sejauh ini. Tim besutan Bernardo Tavares meraih enam kemenangan dan tiga hasil imbang dalam sembilan laga sebelum jeda internasional.

Kedua tim diperkirakan berada dalam kondisi kebugaran yang baik karena jeda internasional. Keduanya memiliki cukup waktu untuk memulihkan fisik pemain sekaligus mempersiapkan laga secara matang. Hanya saja, kedua tim mungkin akan mengistirahatkan pemainnya yang dipanggil timnas Indonesia untuk FIFA Matchday melawan Curacao.

Di kubu PSM mengirimkan dua pemainnya, yakni Yacob Sayuri dan Ramadhan Sanantha. Yacob Sayuri mungkin perlu diistirahatkan atau masuk dari bangku cadangan karena menjadi kepercayaan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong di dua laga FIFA Matchday. Adapun Ramadhan Sanantha mengalami cedera.

Di kubu Persis hanya mengirimkan satu pemain yakni Muhammad Riyadi. Kendati demikian, Persis tak perlu terlalu khawatir jika ingin memainkannya karena ia hanya mengisi bangku cadangan di dua laga timnas Indonesia.

Pelatih Persis Solo Rasiman memberikan waktu libur kepada pasukanya ketika jeda internasional. Penggawa Persis dipersilakan untuk kembali berkumpul dengan keluarganya. Ia berharap dengan libur yang diberikan dapat memberikan dampak positif ketika liga kembali bergulir.

“Mudah-mudahan kami memiliki hasil bagus ketika melawan PSM,” kata Rasiman awal pekan ini.

Rasiman memperkirakan PSM datang ke Solo pasti dengan tekad memenangkan pertandingan. Menurutnya, PSM mempunyai mental yang kuat. Kendati demikian, skuad Persis tak takut dengan kekuatan lawan. Harapannya, Laskar Sambernyawa mampu mengatasi perlawanan PSM.

Rasiman duduk sebagai pelatih Persis menggantikan Jackson F Tiago yang dipecat. Ia memiliki pekerjaan besar untuk mengangkat performa tim. Pasalnya, Persis kini masih bertengger di posisi ke-13 klasemen dengan 10 poin hasil dari 10 pertandingan. Persis menelan enam kekalahan, tiga kemenangan, dan satu imbang sejauh ini.

Rasiman juga ingin fokus mempersiapkan Persis dengan baik selama masih dipercaya oleh manajemen menjadi juru taktik tim. Ia akan menyerahkan semua keputusan kepada klub apakah akan mencari pelatih baru atau tetap mempertahankan dirinya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA