Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Cassano Desak Ronaldo Sebaiknya Mulai Pikirkan Pensiun

Kamis 29 Sep 2022 08:59 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar

Antonio Cassano

Antonio Cassano

Foto: telegraph
Ronaldo tidak bisa mencetak gol di semua pertandingan tersebut

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan penyerang tim nasional Italia, Antonio Cassano menyarankan Cristiano Ronaldo untuk pensiun. Cassano dikenal sebagai salah satu yang konsisten mengkritisi penyerang Manchester United itu.

Namun, pada dasarnya ia tak asal bicara. Eks AS Roma itu melihat kondisi terkini Ronaldo. CR7 mulai kesulitan menemukan performa ideal.

Sejauh musim 2022/23 berjalan, peraih lima Ballon d'Or itu baru mencetak satu gol di level klub. Ronaldo juga bukan pilihan utama di United. Sebuah keputusan berani yang diambil pelatih the Red Devils, Erik ten Hag.

Sekarang, tempatnya di tim nasional Portugal, rawan tergeser. Eks Real Madrid itu dipanggil Selecao das Quinas pada agenda yang baru saja berlangsung. Skuat polesan Fernando Santos jumpa Republik Ceska dan Spanyol di UEFA Nations League.

Ronaldo tidak bisa mencetak gol di semua pertandingan tersebut. Ia melewatkan sejumlah peluang. Timnya bahkan gagal melaku ke empat besar setelah kalah 0-1 dari La Roja, di kandang sendiri.

"Pada titik ini, Cristiano harus membantu dirinya sendiri, dan memahami, jika tidak lagi mencapai level tertentu, anda harus menutup toko (gantung sepatu)," kata Cassano, dikutip dari tribalfootball, Kamis (29/9).

Ia tidak menyerang Ronaldo secara personal. Pengamat yang juga pernah berkostum Madrid ini berusaha melihat dari sisi obyektif. Ia menghormati perjalanan karier CR7.

Ia menyinggung fakta sang bintang telah memenangkan segalanya. Seseorang yang masuk kategori fenomena. Tapi kini, situasi kurang ideal bagi jebolan akademi Sporting CP itu.

"Berhenti, kamu harus berhenti, atau kamu hanya akan menuju bangku cadangan," ujar Cassano.

Dalam sebuah pernyataan, Ronaldo mengaku masih bergairah tampil di level tertinggi. Setelah Piala Dunia 2022, ia berharap terus membela Portugal di kompetisi-kompetisi selanjutnya.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA