Rabu 28 Sep 2022 22:25 WIB

HUT ke 77, KAI Persingkat Waktu Tempuh Perjalanan Lima Kereta 

KAI rayakan Hut ke-77 dengan meluncurkan kereta api Taksaka rute Yogyakarta-Gambir

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Calon penumpang berjalan menuju kereta api di Stasiun Bandung, Kota Bandung. PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperingati hari ulang tahunnya yang ke-77 pada 28 September 2022. Pada peringatan HUT kali ini, KAI mengangkat tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Calon penumpang berjalan menuju kereta api di Stasiun Bandung, Kota Bandung. PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperingati hari ulang tahunnya yang ke-77 pada 28 September 2022. Pada peringatan HUT kali ini, KAI mengangkat tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperingati hari ulang tahunnya yang ke-77 pada 28 September 2022. Pada peringatan HUT kali ini, KAI mengangkat tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, 77 Tahun tidak hanya bermakna sebagai angka, tetapi juga pencapaian atas kinerja KAI dalam melayani negeri. Pada masa pandemi Covid-19, KAI juga mampu menunjukkan eksistensinya sebagai suatu perusahaan yang tidak hanya dapat bertahan dalam menghadapi tekanan krisis, akan tetapi bangkit lebih cepat dengan kinerja yang positif selama semester I 2022.

"Sejumlah pencapaian tersebut tentunya patut kita syukuri bersama dan merupakan hasil kerja keras yang tidak akan terwujud tanpa adanya sinergitas dan kolaborasi yang kuat antara KAI dengan seluruh stakeholder," ujarnya dalam keterangan tulis, Rabu (28/9/2022).

HUT ke-77 KAI ini mengusung tema Bangkit Lebih Cepat Melayani Lebih Baik. Adapun tema ini bertujuan untuk membakar semangat juang seluruh insan KAI, agar mampu membangkitkan kondisi perusahaan yang kita cintai ini secara lebih cepat, untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat. 

Menurutnya pelayanan yang lebih baik lagi ini bergerak pada satu kunci strategi yaitu customer centricity, yang bermakna memahami secara luas dan mendasar atas kebutuhan pelanggan. Adapun strategi customer centric berfokus pada konsep untuk memastikan bahwa pelanggan menjadi hal yang utama dalam filosofi, operasi dan pengembangan layanan perusahaan.

KAI telah memiliki reputasi sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dapat diandalkan dan mampu menjawab tantangan perubahan yang ada. 

“Kita memiliki kekuatan pengalaman yang panjang dalam melakukan transformasi pengelolaan perkeretaapian di Indonesia. InsyaAllah KAI pasti mampu menyelesaikan dua amanah besar yang diberikan Pemerintah kepada KAI yaitu Proyek LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta Bandung. Penyelesaian kedua proyek strategis nasional ini merupakan agenda kita bersama yang selanjutnya juga harus mampu kita jawab dan merupakan pondasi dari pengembangan perkeretaapian di Indonesia,” ucapnya.

Pada ulang tahun yang ke-77 ini, KAI mempersingkat waktu tempuh lima kereta api antara kota per 28 September 2022 hingga 31 menit. Selain itu, KAI juga terus meningkatkan pelayanan dengan meluncurkan Kereta Api (KA) Taksaka rute Yogyakarta-Gambir. KAI menawarkan perjalanan naik KA dengan kesan kekinian, mulai dari suasana, fasilitas, menu makanan, seragam kru, hingga livery. 

KAI juga terus melakukan inovasi-inovasi pada internal perusahaan sebagai bentuk peningkatan kualitas layanan yang lebih baik. KAI telah melakukan Open House Balai Yasa yang dihadiri ribuan pengunjung yang ingin melihat seluk beluk bengkel kereta api. 

KAI juga meluncurkan KAI Smart Assistant (KAISA). KAISA adalah assistant pintar dalam platform robotic process automation (RPA) yang mampu melakukan pekerjaan secara berulang, klerikal, rutin, manual dan berjumlah banyak. 

KAI juga meluncurkan Rail Procurement in Digital (RAPID). RAPID adalah aplikasi yang menggunakan platform digital di bidang pengadaan barang dan jasa. 

Memanfaatkan teknologi informasi, KAI mengembangkan sebuah aplikasi pengadaan end to end dan menjadi rantai pasok pengadaan perusahaan. Mengutamakan transparansi atau good corporate governance (GCG) proses pengadaan barang dan jasa jauh lebih cepat dan bisa diakses di mana saja.

Pada momen HUT ke-77, KAI juga menghadirkan wajah baru dengan mengganti seragam untuk pegawai frontliner. Untuk menghadirkan design exclusive, KAI  menggandeng perancang busana ternama Anne Avantie agar pegawai frontliner KAI terlihat jauh lebih elegan. 

Perubahan seragam ini bertujuan untuk mewujudkan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat. Serta wujud komitmen KAI dalam menjawab kebutuhan pelanggan, memberikan pengalaman perjalanan yang berbeda dan berkesan.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan MoU antara KAI dengan PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia, KAI dengan Sumitomo Corporation dan Nippon Steel Corporation, dan KAI dengan PT SKF Industrial Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement