Rabu 28 Sep 2022 22:00 WIB

Referendum di Luhansk, Donetsk, Kherson dan Zaporizhzhia Berakhir Hari Ini

Referendum akan menentukan 4 wilayah Ukraina tersebut guna bergabung dengan Rusia. .

Red: Mohamad Amin Madani

Pekerja menggantung bendera Rusia di sebuah gedung apartemen di Luhansk, Republik Rakyat Luhansk yang dikendalikan oleh separatis yang didukung Rusia, Ukraina timur, Selasa, 27 September 2022. Pemungutan suara dimulai Jumat di empat wilayah Ukraina yang dikuasai Moskow mengenai referendum untuk menjadi bagian dari Rusia . (FOTO : AP)

Sebuah bendera Rusia dikibarkan di Universitas Pedagogis di Luhansk, Republik Rakyat Luhansk yang dikendalikan oleh separatis yang didukung Rusia, Ukraina timur, Selasa 27 September 2022. Pemungutan suara dimulai Jumat di empat wilayah Ukraina yang dikuasai Moskow mengenai referendum untuk menjadi bagian dari Rusia . (FOTO : AP)

Seorang wanita tersenyum saat dia memberikan suara bersama anak-anaknya di sebuah tempat pemungutan suara di Luhansk, Republik Rakyat Luhansk yang dikendalikan oleh separatis yang didukung Rusia, Ukraina, Selasa, 27 September 2022. Pemungutan suara dimulai Jumat di empat wilayah Ukraina yang dikuasai Moskow pada referendum untuk menjadi bagian dari Rusia. (FOTO : AP)

Seorang wanita menggendong anaknya saat memberikan suaranya di sebuah tempat pemungutan suara di Luhansk, Republik Rakyat Luhansk yang dikendalikan oleh separatis yang didukung Rusia, Ukraina, Selasa, 27 September 2022. Pemungutan suara dimulai Jumat di empat wilayah Ukraina yang dikuasai Moskow mengenai referendum menjadi bagian dari Rusia. (FOTO : AP)

Anggota komite referendum mengosongkan kotak suara untuk mulai menghitungnya, di tempat pemungutan suara selama referendum di Luhansk, Republik Rakyat Luhansk yang dikendalikan oleh separatis yang didukung Rusia, Ukraina timur, Selasa, 27 September 2022. Pemungutan suara dimulai Jumat di empat Moskow- diadakan wilayah Ukraina pada referendum untuk menjadi bagian dari Rusia. (FOTO : AP)

Seorang pria berjalan melewati grafiti yang menggambarkan anak-anak dengan bendera Rusia di Luhansk, Republik Rakyat Luhansk yang dikendalikan oleh separatis yang didukung Rusia, Ukraina timur, Selasa, 27 September 2022. Pemungutan suara dimulai Jumat di empat wilayah Ukraina yang dikuasai Moskow pada referendum untuk menjadi bagian dari Rusia. (FOTO : AP)

Seorang pria menggantung bendera Rusia dari sebuah kafe di Luhansk, Republik Rakyat Luhansk yang dikendalikan oleh separatis yang didukung Rusia, Ukraina timur, Selasa 27 September 2022}. Pemungutan suara dimulai Jumat di empat wilayah Ukraina yang dikuasai Moskow mengenai referendum untuk menjadi bagian dari Rusia. (FOTO : AP)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, LUHANSK -- Pemungutan suara atau referendum digelar di Luhansk, Donetsk, Kherson dan Zaporizhzhia yang terletak di timur dan tenggara Ukraina yang dimulai Jumat (23/9/2022) lalu. 

Pemungutan suara untuk referendum di empat wilayah itu telah memasuki hari terakhir, dimulai pada Jumat (23/9/2022) lalu dan akan berakhir pada Selasa (27/9/2022).

Hasil referendum akan menentukan empat wilayah Ukraina tersebut guna bergabung dengan Rusia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement