Saturday, 6 Rajab 1444 / 28 January 2023

Pemkot Makassar Siapkan Pemadam Kebakaran Motor di 53 Titik

Rabu 28 Sep 2022 20:26 WIB

Red: Nur Aini

ilustrasi Kebakaran, Pemerintah Kota Makassar, melalui Dinas Pemadam Kebakaran telah menyiapkan kendaraan pemadam kebakaran motor (damtor).

ilustrasi Kebakaran, Pemerintah Kota Makassar, melalui Dinas Pemadam Kebakaran telah menyiapkan kendaraan pemadam kebakaran motor (damtor).

Foto: pixabay
Unit pemadam akan disebar di kelurahan pada 53 titik rawan kebakaran di Makassar

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Pemerintah Kota Makassar, melalui Dinas Pemadam Kebakaran telah menyiapkan kendaraan pemadam kebakaran motor (damtor). Hal itu sebagai upaya memberi pertolongan pertama ketika terjadi bencana kebakaran di permukiman padat penduduk.

"Untuk tahap pertama ada 53 unit damtor disiapkan. Ini baru dikirim 27 unit, kita masih menunggu sisanya bulan depan. Unit ini akan disebar di kelurahan pada 53 titik rawan kebakaran," ujar Kepala Dinas Damkar Makassar, Muhammad Hasanuddin didampingi Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto di Markas Damkar, Jalan Ratulangi Makassar, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga

Seluruh unit nantinya, kata dia, diserahkan pada ke pihak kecamatan pada Oktober setelah pengadaan tahap pertama 53 unit itu diterima lengkap. Setiap unit dilengkapi mesin pompa, selang (nozel) sirine, dengan kapasitas penampungan air 800 liter. Harga satu unit damtor tersebut Rp80 jutaan.

Selanjutnya, damtor itu akan dikoneksikan dengan instalasi Pemadam Kebakaran Lorong atau Peka Rong dengan jangkauan distribusi air hingga 200 meter guna memudahkan penanganan saat terjadi kebakaran di lorong-lorong sempit. Pihaknya berharap, tidak menutup kemungkinan unit akan ditambah sesuai dengan kebutuhan di tahun depan, mengingat ada 153 kelurahan dengan 15 kecamatan tersebar di Kota Makassar.

"Ini tahap awal sebagai upaya pengendalian dini jika terjadi kebakaran di lorong-lorong, itu salah satu tujuannya Damtor hadir. Kemungkinan unit akan ditambah, tapi dilihat dulu anggarannya. Kita berharap ada 153 unit sesuai jumlah kelurahan di Makassar," ujarnya.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menambahkan, hadirnya Peka Rong dan Damtor ini menjadi salah satu alternatif memberikan pertolongan pertama dan meminimalisasi meluasnya api bila terjadi kebakaran rumah warga di lorong-lorong sempit sebelum pemadam tiba.

"Ini upaya nyata kita lakukan serta sigap membantu warga secepatnya bila terjadi bencana. Kita berharap, ini dimanfaatkan, dirawat, dan dimaksimalkan penggunaanya. Sebab, semua ini ada untuk meminimalisir kejadian tidak kita inginkan bersama," kata pria disapa akrab Danny Pomanto ini menambahkan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA