Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Febian Delph dan John Obi Mikel Umumkan Gantung Sepatu

Rabu 28 Sep 2022 20:45 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi

John Obi Mikel saat masih berseragam Chelsea.

John Obi Mikel saat masih berseragam Chelsea.

Foto: AP/Simon Dawson
John Obi Mikel pernah jadi pengisi skuad utama Chelsea selama satu dekade.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan gelandang Inggris Fabian Delph telah mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola. Pemain berusia 32 tahun itu membuat 204 penampilan Liga Primer Inggris untuk Everton, Manchester City, Aston Villa dan Leeds dan memenangkan 20 caps internasional.

Kontrak Delph dengan Everton berakhir pada musim panas setelah cedera membatasi dia untuk hanya 21 penampilan selama dua musim terakhir. "Jadi hari ini saya mengumumkan pengunduran diri saya dengan kebahagiaan dan rasa terima kasih atas apa yang telah diberikan permainan indah ini kepada saya," tulisnya di Instagram, dikutip dari the Guardian, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga

"Terimakasih sebesar-besarnya untuk keluarga, teman, pemain, dan staf saya dari klub luar biasa yang cukup beruntung untuk saya wakili serta dukungan yang saya dapatkan dari para penggemar," tambahnya. 

Delph meraih gelar juara Liga Primer Inggris berturut-turut bersama Manchester City pada 2017/2018 dan 2018/2019.

Selain dia, mantan bintang Chelsea Mikel John Obi juga telah mengumumkan pengunduran dirinya pada usia 35 tahun. Pemenang Liga Primer dua kali itu telah mengakhiri karier seniornya selama 18 tahun termasuk 11 tahun di Stamford Bridge. Klub terakhir gelandang Nigeria itu adalah Kuwait SC, setelah bermain di Middlesbrough dan Stoke.

"Ada pepatah bahwa 'semua hal baik harus berakhir', dan untuk karier sepak bola profesional saya, hari itu adalah hari ini," kata Mikel di Instagram. "Saya melihat kembali 20 tahun terakhir dalam karier saya, dan saya harus mengatakan bahwa saya sangat puas dengan semua yang dapat saya capai dan yang lebih penting adalah orang-orang yang telah membantu membentuknya," kata dia.

"Semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa dukungan yang tak tergoyahkan dari keluarga saya, manajer, klub, pelatih, rekan tim dan yang paling penting adalah penggemar setia saya. Anda mendukung saya melalui pasang surut saya, bahkan pada hari-hari ketika saya tidak memenuhi harapan Anda. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya," ujarnya.

Mikel adalah bagian dari kemenangan Liga Champions 2012 Chelsea, juga mengklaim tiga Piala FA, Liga Europa dan Piala Liga selama waktunya di London barat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA