Sunday, 7 Rajab 1444 / 29 January 2023

BPJS Kesehatan Gelar Pemeriksaan Penunjang Prolanis di Kepulauan Seribu

Rabu 28 Sep 2022 10:25 WIB

Red: Gita Amanda

. Berkolaborasi dengan Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Kepulauan Seribu dan Klinik Prodia, BPJS Kesehatan Jakarta Utara melaksanakan kegiatan pemeriksaan penunjang bagi peserta Prolanis wilayah Kepulauan Seribu di Pulau Panggang, Pulau Harapan dan Pulau Kelapa, Senin (26/9/2022).

. Berkolaborasi dengan Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Kepulauan Seribu dan Klinik Prodia, BPJS Kesehatan Jakarta Utara melaksanakan kegiatan pemeriksaan penunjang bagi peserta Prolanis wilayah Kepulauan Seribu di Pulau Panggang, Pulau Harapan dan Pulau Kelapa, Senin (26/9/2022).

Foto: BPJS Kesehatan
Pemeriksaan rutin dilakukan sebagai kewajiban BPJS Kesehatan kepada peserta Prolanis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  BPJS Kesehatan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas mutu layanan kesehatan bagi peserta JKN melalui Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis), khususnya penyakit Diabetes Melitus (DM) dan Hipertensi. Berkolaborasi dengan Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Kepulauan Seribu dan Klinik Prodia, BPJS Kesehatan Jakarta Utara melaksanakan kegiatan pemeriksaan penunjang bagi peserta Prolanis wilayah Kepulauan Seribu di Pulau Panggang, Pulau Harapan dan Pulau Kelapa, Senin (26/9/2022).

“Pemeriksaan penunjang ini memang rutin kami laksanakan, ini adalah suatu kewajiban BPJS Kesehatan memperhatikan kondisi kesehatan peserta Prolanis. Meskipun domisili peserta JKN ada di Kepulauan Seribu, harapannya tetap harus masuk dalam pemantauan kondisi kesehatannya. Peserta Prolanis merupakan peserta JKN yang harus dijaga bersama supaya tidak menjadi lebih kompleks kondisi kesehatannya,” ujar Kepala Bidang Jaminan Manfaat Primer Kantor Cabang Jakarta Utara, Vernanda Dosiema, dalam siaran persnya.

Baca Juga

Vernanda mengungkapkan bahwa dengan dukungan dari Sudinkes Kepulauan Seribu dengan Puskesmas setempat, kegiatan ini dapat berjalan lancar. Vernanda juga menambahkan agar peserta Prolanis, antusias memeriksakan dirinya secara rutin dan harus lebih patuh terhadap masukan dari dokter yang ada di Puskesmas. Dan juga tetap menjalani pola hidup sehat dan rajin minum obat-obatan yang memang wajib dikonsumsi.

Antusiasme peserta Prolanis dapat dilihat dari jumlah yang hadir untuk melakukan pemeriksaan penunjang, yaitu total 98 peserta dari tiga titik Pulau tempat diselenggarakannya. Setelah sebelumnya mereka berpuasa agar dapat melakukan pemeriksaan.

“Dengan kegiatan pemeriksaan penunjang ini jarang dilakukan masyarakat Kepulauan Seribu ya, ini menjadi kesempatan bagi peserta JKN di sini untuk memeriksakan kondisi kesehatannya dan mengetahui penyakitnya. Sehingga mereka bisa lebih paham untuk meningkatkan kesadaran untuk mengontrol dirinya ke Puskesmas. Dan juga diharapkan patuh minum obat sehingga gejala-gejala kronisnya berkurang,” ujar perwakilan Sudinkes Kepulauan Seribu, Mira Eka Surya AK.

Menurut Mira, kolaborasi yang terjalin antara Sudinkes, BPJS Kesehatan, Puskesmas dan juga Klinik Prodia sudah sangat baik sehingga terlaksana kegiatan pemeriksaan ini. Mira mengharapkan kegiatan ini dapat dirutinkan setiap bulan, agar peserta Prolanis di Kepulauan Seribu tetap terjaga kondisi kesehatannya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA