Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Angkot Si Benteng Melintasi Sembilan Trayek Mulai Oktober, Ini Rutenya

Rabu 28 Sep 2022 04:56 WIB

Rep: Eva Rianti/ Red: Agus raharjo

Puluhan angkutan kota (angkot)

Puluhan angkutan kota (angkot)

Foto: Republika/Eva Rianti
Angkutan umum Kota Tangerang didorong memberikan kenyamanan dan tepat waktu.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang menambah satu rute atau trayek baru untuk angkutan kota (angkot) Si Benteng pada Oktober 2022. Dengan adanya penambahan satu rute tersebut, angkot Si Benteng akan melintasi sembilan trayek dari sebelumnya delapan trayek di Kota Tangerang, Banten.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan, penambahan trayek angkot Si Benteng tersebut merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap transportasi publik yang memadai serta menjadi salah satu solusi mengatasi masalah kemacetan.

Baca Juga

“Angkutan umum Kota Tangerang kita dorong untuk memberikan kenyamanan dan tepat waktu. Saya mengajak masyarakat Kota Tangerang untuk naik transportasi umum, manfaatkan fasilitas yang diberikan Pemkot Tangerang,” kata Arief, Selasa (27/9/2022).

Arief menyebut, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan transportasi publik di Kota Tangerang, seiring dengan kondisi pertumbuhan infrastruktur dan kebutuhan mobilitas masyarakat. “Kami terus berusaha memberikan jalur integrasi yang juga dilewati oleh angkutan lainnya guna mengakomodasi kebutuhan masyarakat dalam bertransportasi,” tuturnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Wahyudi Iskandar menjelaskan, satu rute tambahan itu yakni kode trayek AP.1I. Yakni Jalan Kavling Perkebunan Raya (Masjid At-Taqwa)-Jalan Betet Raya-Jalan Baru (Rusunawa)-Jalan Baru (Bursa Mobil Karawaci)-Pom Shell Palem Semi-Jalan Imam Bonjol-Jalan Taman Cisadane (Kelurahan Panunggangan Barat)-Jalan Imam Bonjol (RS Sari Asih)-Jalan Merdeka (RS Melati).

“Pengembangan rute angkutan pengumpan atau feeder ini untuk meningkatkan kemudahan dalam pergerakan masyarakat yang akan bepergian ke kantor, sekolah, dan urusan sosial lainnya dengan terintegrasinya layanan antara angkutan feeder dengan BRT (bus rapid transit) Trans Kota Tangerang Koridor 1 dan 2 juga dengan Trans Jakarta,” tuturnya.

Wahyudi menuturkan, pihaknya saat ini masih melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan trayek anyar itu. “Targetnya rute baru ini akan beroperasi pada pertengahan Oktober 2022 setelah program sosialisasi kepada masyarakat selesai,” tutupnya.

Diketahui, Pemerintah Kota Tangerang mulai mengoperasikan Angkot Si Benteng sejak diresmikan pada 10 Januari 2021 lalu dengan melayani empat trayek. Lalu pada 11 Oktober 2021, Pemkot Tangerang menambah empat trayek lagi. Dan terbaru, pada Oktober 2022 nanti akan ada tambahan satu trayek, sehingga jumlahnya menjadi sembilan trayek.

Angkot Si Benteng didesain bergaya retro pada bagian eksteriornya. Ada perpaduan warna kalem hingga cerah yang ditampilkan pada tubuh Si Benteng sehingga menarik dilihat. Adapun bagian interiornya berpenampilan mewah dengan pintu penumpang otomatis, dilengkapi AC dan kursi yang terbuat dari kulit.

Berikut informasi sembilan trayek Angkot Si Benteng yang beroperasi di Kota Tangerang:

1.      AP.1E : Perumahan BTN Pasir Jaya-GOR Gandasari via Industri Telesonik-Jalan Dahu-Infogrosir

2.      AP.1F : Terminal Cimone-Koang Jaya via Kenaiban-Jalan Sasmita-Jalan Otista-Jalan M. Toha-Jalan Arya Kemuning-Sangego

3.      AP.1G : Terminal Cimone-Jalan Dipati Unus-Jalan Ganda Sari via Jalan Cimone Alfa Raya-Jalan Lamda Raya-Jalan Gurame Raya-Jalan Galuh

4.      AP.IH : Terminal Cimone-GOR Pabuaran Tumpeng via Jalan Gatot Subroto-Perum Bugel Mas Indah-Perum Pondok Arum

5.      AP.1I : Jalan Kavling Perkebunan Raya (Masjid At-Taqwa)-Jalan Betet Raya-Jalan Baru (Rusunawa)-Jalan Baru (Bursa Mobil Karawaci)-Pom Shell Palem Semi-Jalan Imam Bonjol-Jalan Taman Cisadane (Kelurahan Panunggangan Barat)-Jalan Imam Bonjol (RS Sari Asih)-Jalan Merdeka (RS Melati)

6.      AP.1-01 : GOR Jatiuwung-Jalan Pajajaran-Kelurahan Gandasari-Jalan Cikoneng Girang-Jalan Manis III-Jalan Today-Jalan Gatot Subroto-Simpang Gajah Tunggal

7.      AP1-02 : Simpang Gajah Tunggal-Jalan Gajah Tunggal-Jalan Prabu Siliwangi-Jalan KH. EZ. Muttaqien-Purati-Jalan Baru Caplang-Jalan Prabu Siliwangi-Jalan A. Khaerun-Gang Ledug Asem

8.      AP.1-03 : Situ Bulakan Periuk-Jalan Villa Mutiara Pluit-Jalan Raya Villa Tangerang Indah-Pasar Regency-Jalan Grand Duta-Jalan Prabu Kiansantang-Jalan Ki Usman-Jalan Duta Raya-Jalan Nusa Indah Raya-Pasar Laris-Jalan Gatot Subroto-Gerbang Taman Cibodas

9.      AP.1-04 : Terminal Cimone-GOR Pabuaran Tumpeng via Jalan Gatot Subroto-Perum Bugel Mas Indah-Perum Pondok Arum.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA