Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Livescore; Timnas Indonesia Tampil Militan, Kalahkan Curacao 2-1 di Pakansari

Selasa 27 Sep 2022 21:59 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pelatih im Nasional Indonesia Shin Tae-Yong (tengah).

Pelatih im Nasional Indonesia Shin Tae-Yong (tengah).

Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Curacao bermain keras hingga harus mendapatkan satu kartu merah.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BOGOR -- Timnas Indonesia kembali berhasil memetik kemenangan saat melawan Curacao pada FIFA Matchday kedua di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022) malam WIB. Tim asuhan Shin Tae-yong menang 2-1 atas Curacao. 

Indonesia memberikan inisiatif serangan di menit-menit awal. Skuad asuhan Shin Tae-yong membangun serangan dari sisi kiri tapi berhasil dipatahkan di area pertahanan. Sementara Curacao mencoba melepaskan umpan panjang untuk menembus pertahanan Indonesia, tapi dapat dihentikan.

Baca Juga

Dalam waktu tiga menit, Timnas Garuda berhasil memimpin pertandingan. Serangan dari tengah berhasil menembus pertahanan Curacao. Tembakan pertama dilepaskan Witan, tapi berhasil ditepis oleh kiper, bola rebound kemudian disambut oleh Dimas Drajad dengan tembakan ke sisi kanan gawang untuk membawa Indonesia unggul 1-0.

Curacao berjuang untuk menyamakan kedudukan. Di menit ke-7 serangan yang dibangun dari sisi kiri berhasil mencapai area kotak penalti Indonesia. Kenji mencoba melepaskan tembakan ke gawang dan menjadi percobaan pertama bagi Curacao tapi itu masih belum tepat sasaran. 

Di menit ke-10, kombinasi serangan Indonesia dari sisi kanan berhasil menembus pertahanan Curacao. Yakob melepaskan umpan ke tengah kotak penalti kepada Saddil. Tapi tendangan tumit Saddil ke gawang terlalu lemah sehingga dengan mudah dapat diamankan oleh kiper.

Indonesia masih terus menekan dan tampak lebih mendominasi permainan. Kendati demikian belum ada peluang ke gawang yang berhasil diciptakan oleh Rachmat Irianto dkk. Beberapa serangan dari sayap kiri berhasil menembus pertahanan Curacao, tapi beberapa percobaan umpan ke tengah masih bisa dipatahkan. 

Di menit ke-24, Curacao kembali mengancam gawang Indonesia. Upaya umpan ke tengah kotak penalti dari Kenji berhasil disambut dengan tandukan oleh Rolieny, tapi gangguan yang diberikan pemain Indonesia membuat tandukannya melanceng ke sisi kanan gawang. 

Dua menit berselang, Indonesia mendapat hadiah tendangan bebas dari sisi kanan. Saddil mengeksekusi tendangan bola mati tersebut, tapi tandukkan Kambuaya saat menerima umpan tersebut hanya menghasilkan tendangan kiper bagi Curacao. 

Di menit ke-30, Curacao mulai bermain trengginas. Juninho melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti saat mendapat ruang tembak. Beruntung bagi Indonesia, tembakan keras menggunakan kaki kanannya masih meleset dari sasaran. Selama lima menit setelahnya, Curacao terus mengancam gawang Indonesia dengan empat kali tendangan sudut.

Kedua tim masih terus mencari cara untuk mencetak gol ke gawang lawan. Tapi tidak ada peluang yang membuahkan hasil. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk Indonesia. 

Di babak kedua, Curacao tampak merubah strategi mereka. Tim asuhan Remko Bicentini pun dengan cepat menyamakan kedudukan di menit ke-46 melalui gol yang diciptakan oleh pemain yang baru masuk Jeremy Cornelis saat ia menerima umpan di tengah kotak penalti dan melepaskan tembakan placing yang gagal digapai oleh kiper. Skor berubah 1-1.

Indonesia mendapat peluang di menit ke-52 melalui tendangan bebas yang dilepaskan oleh Ricki Kambuaya. Bola berhasil disapu oleh pemain Curacao tapi langsung disambut dengan tendangan keras Rachmat Irianto dari luar kotak penalti. Namun tendangan Irianto masih meleset tipis di atas mistar gawang. 

Di menit ke-58 kombinasi serangan Indonesia berhasil menembus pertahanan Curacao. Saddil mendapat ruang tembak di depan kotak penalti, tapi tembakan keras dengan kaki kanannya masih dapat ditepis oleh kiper. Semenit kemudian peluang dimiliki Dimas Drajad di kotak penalti, tapi kontrol bola yang kurang baik membuat peluang itu hilang.

Curacao mendapat peluang di menit ke-72 saat Nathangelo mendapat umpan dari Juninho di depan kotak penalti. Nathangelo mendapat ruang tembak dan langsung melepaskan tendangan ke gawang. Beruntung bagi Indonesia percobaan itu masih bisa ditepis oleh kiper hingga menghasilkan lemparan ke dalam bagi Curacao. 

Di menit ke-80, Juninho mendapat kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Ferdinand. Ini menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk mengembalikan keunggulan. Di menit ke-87 Indonesia berhasil mengembalikan keunggulan melalui gol yang diciptakan oleh Dendy saat ia menyelesaikan umpan manis dari Witan. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA