Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Ingin Tumbuh Kembang Anak Optimal? Ini Kuncinya

Selasa 27 Sep 2022 21:28 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Kader PKK menimbang berat badan bayi di Posyandu Bougenvile, Pemancar, Depok, Jawa Barat, Rabu (6/4/2022). Agar tumbuh kembang anak menjadi optimal, penuhi kebutuhan gizinya.

Kader PKK menimbang berat badan bayi di Posyandu Bougenvile, Pemancar, Depok, Jawa Barat, Rabu (6/4/2022). Agar tumbuh kembang anak menjadi optimal, penuhi kebutuhan gizinya.

Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Satu dari empat anak usia lima tahun masih mengalami gagal tumbuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rektor Universitas Yarsi Prof dr Fasli Jalal PhD mengatakan asupan gizi seimbang dan aman merupakan kunci tumbuh kembang anak agar dapat berlangsung optimal. Ia pun mengingatkan untuk memenuhi kecukupan gizi anak.

"Asupan gizi harus menjadi perhatian karena satu dari empat anak usia lima tahun masih mengalami gagal tumbuh atau stunting," ujar Fasli dalam webinar "Melalui Dongeng Pemberian Makan Gizi Seimbang Kepada Batita Menjadi Menyenangkan" di Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga

Fasli mengatakan anak bisa menjadi stunting tidak dalam waktu singkat. Tengkes terjadi akibat kekurangan asupan gizi yang berlangsung dalam waktu lama.

"Ini karena ketidaktersediaan makanan di rumah, tidak mampu membeli, ataupun tidak cukup dana yang disediakan untuk membantu mereka menyiapkan bahan makanan di rumah," kata Fasli.

Selain faktor ekonomi, lanjut Fasli, tidak tersedianya makanan bergizi juga terjadi karena kurangnya pengetahuan. Ia juga mengingatkan pentingnya menggunakan teknik yang membuat anak merasa nyaman dan mau mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan aman.

"Bagi anak, suasana sangat penting. Apalagi jika dilakukan dengan dongeng, maka dapat membantu anak memahami sesuatu yang abstrak. Ini dilakukan oleh anak, karena masa tumbuh kembang anak hanya mampu mencerna pada hal-hal yang konkret," jelas dia.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA