Selasa 27 Sep 2022 22:54 WIB

LPPI Unisnu Gelar Lomba Esai Penulisan Biografi Ulama NU

Lomba penulisan biografi ulama NU digelar LPPI Unisnu.

 LPPI Unisnu Gelar Lomba Esai Penulisan Biografi Ulama NU. Foto: (ilustrasi) logo nahdlatul ulama
Foto: tangkapan layar wikipedia
LPPI Unisnu Gelar Lomba Esai Penulisan Biografi Ulama NU. Foto: (ilustrasi) logo nahdlatul ulama

REPUBLIKA.CO.ID,JEPARA -- Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Inovasi (LPPI) Unisnu Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menggelar lomba esai penulisan biografi ulama NU sebagai upaya mendekatkan generasi muda terhadap ajaran NU dan meneladani para kiai pada Festival Hari Santri.

"Lomba esai dengan tema 'Bangga Meneladani Kiai Jepara' dilaksanakan mulai tanggal 15 September hingga 17 Oktober 2022," kata Kepala Pusat Studi Aswaja An-Nahdliyyah (PSAA) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara Ahmad Saefudin di Jepara, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga

Peserta lomba esai, kata dia, merupakan santri, siswa MA sederajat, dan mahasiswa dengan batas usia antara 16-29 tahun.

Dengan adanya lomba esai pada Festival Hari Santri dan Pekan Aswaja An-Nahdliyyah tersebut, dia berharap, generasi muda dan generasi milenial bisa lebih mengenal dan memahami Aswaja dan ajaran Nahdlatul Ulama (NU) serta berkontribusi untuk Kabupaten Jepara dan bangsa.

Selain itu, kata dia, mereka juga bisa meneladani peran para kiai sebagai pejuang yang membumikan Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) atau faham yang bersumber dari Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya di Kabupaten Jepara.

Untuk memudahkan peserta, panitia menentukan beberapa nama kiai NU Jepara karena penulisannya harus dilakukan secara individu. Sedangkan penilaiannya setiap karya harus memuat identitas tokoh, pengalaman hidup, pandangan hidup, dan kebiasaan positif yang diwariskan oleh kiai NU Jepara tersebut.

Peserta lomba hanya diperbolehkan mengirimkan satu karya dan karyanya juga bukan hasil plagiat dan belum pernah atau tidak sedang diajukan dalam perlombaan lain. Sedangkan persyaratan lainnya, panjang naskah antara 7-10 halaman dan karya dikirim melalui link https://bit.ly/LombaPenulisanBiografiUlamaNUJepara paling lambat diterima panitia pada Senin (10/10) pukul 23.00 WIB.

Pemenang lomba esai ini akan mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp1,5 juta untuk juara pertama, sedangkan juara II Rp1 juta, dan juara III Rp750 ribu. Sedangkan karya esai para peserta lomba akan dijadikan buku antologi Ulama NU Jepara yang nantinya dapat dibaca oleh Civitas Akademika Unisnu Jepara dan masyarakat umumnya.

Selain menggelar lomba, panitia juga menyelenggarakan seminar nasional Aswaja yang digelar pada 19 Oktober 2022 di ruang auditorium perpustakaan lantai 3 Unisnu Jepara. Sedangkan narasumber yang dihadirkan Dr. KH. Nasrullah Affandi, Lc., MA yang merupakan Wakil Katib PWNU Jateng dan Pengasuh Ponpes Balekambang Jepara.

Ketua Lembaga Ta'lif wan Nasyr NU Jepara Muhammad Olies menambahkan berbagai informasi terkait Festival Hari Santri dan Pekan Aswaja An-Nahdliyyah bisa diakses di website maupun fanpage, twitter dan instagram PCNU Jepara. Karya para peserta baik yang menang atau belum beruntung juga akan dimuat secara bergantian di website tersebut.

"Itu juga bagian dari upaya NU Jepara untuk merawat, melestarikan dan mengembangkan berbagai warisan baik pemikiran maupun tindakan yang dilakukan para kiai NU di Bumi Kartini Jepara," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement