Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

13 Sunnah Nabi Muhammad yang Jarang Diketahui, Pernahkah Kamu Lakukan?

Ahad 02 Oct 2022 05:45 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Ilustrasi merapikan tempat tidur. 13 Sunnah Nabi Muhammad yang Jarang Diketahui, Pernahkah Kamu Lakukan?

Ilustrasi merapikan tempat tidur. 13 Sunnah Nabi Muhammad yang Jarang Diketahui, Pernahkah Kamu Lakukan?

Foto: ANTARA/Fransisco Carolio
Sekarang ini banyak anjuran atau sunnah Nabi Muhammad yang jarang dipraktikkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Islam merupakan pedoman hidup yang diyakini umat Muslim. Setiap geraknya, seorang Muslim diperintahkan untuk mematuhi apa yang dijelaskan dalam Alquran dan apa yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Tapi sekarang ini banyak anjuran atau sunnah Nabi yang jarang dipraktikkan lagi atau bahkan tidak diketahui oleh Muslim sendiri. Berikut adalah beberapa sunnah Nabi yang menurut Khawlah binti Yahya, seorang aktivis muslimah di Inggris, sudah yang banyak dari kita telah lupa atau mungkin tidak mengetahuinya.

Baca Juga

13 Sunnah Nabi Muhammad yang Jarang Diketahui

1. Membersihkan tempat tidur

Dilansir dari About Islam, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya: "Jika salah seorang di antara kalian pergi tidur, hendaklah dia membersihkan tempat tidurnya dengan memukulnya dengan pakaiannya, karena dia tidak tahu apa yang telah menimpanya. Kemudian biarkan dia berbaring di sisi kanannya …" (HR. Bukhari dan Muslim)

Seorang Muslim dianjurkan membersihkan tempat tidurnya. Hal ini untuk selain untuk kesehatan tapi juga untuk melindungi diri dari serangga atau hal yang membahayakan diri.

2. Berdoa ketika di pasar

Nabi bersabda yang artinya: Barang siapa memasuki suatu pasar dan berkata: ‘Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu, biyadihiil khaiir wa huwa ala kulli shayy'in qodiir’

Artinya: (Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Allah semata, Dia tidak ada sekutu bagi-Nya, Dia berkuasa dan bagi-Nya segala puji, Dia menghidupkan dan mematikan, Dialah yang hidup dan tidak mati, dalam tangan adalah kebaikan dan dia mampu melakukan segala sesuatu) Allah akan menulis untuknya seribu ribu pahala dan menghapus darinya seribu ribu dosa dan mengangkatnya seribu ribu dan membangunkan untuknya sebuah rumah di Jannah! (HR. An-Nasa'i, At-Tirmidzi)

Muslim dapat menemukan doa ini di buku doa saku terkenal Hisn-ul Muslim, bawalah ini, atau tuliskan di atas kertas dan keluarkan setiap kali Anda pergi ke suatu tempat di mana ada orang dan berdagang (ya, bahkan supermarket karena semuanya berada di bawah aturan pasar) dan perhatikan seberapa cepat Anda akan menghafalnya insya Allah!

3. Minum air putih setelah minum susu

Dianjurkan oleh Nabi, setelah minum susu maka minum air. Setelah mendapatkan air, dia berkumur lalu berkata:

"Ini memiliki lemak." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Imam An-Nawawi berkata dalam Sharh Shahih Muslim: Hadits ini menegaskan dianjurkan untuk berkumur setelah minum susu.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA