Selasa , 27 Sep 2022, 16:34 WIB

Enggan Ambil Risiko, Araujo Rela Absen di Piala Dunia 2022

Rep: Reja Irfa Widodo / Red: Israr Itah
 Pemain FC Barcelona Ronald Araujo
Foto EPA-EFE/Alejandro Garcia

Pemain FC Barcelona Ronald Araujo

Araujo mengalami cedera di paha kanan dan akan menjalani operasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Bek tengah asal Uruguay, Ronald Araujo, kemungkinan besar akan absen di putaran final Piala Dunia 2022. Bek tengah berusia 23 tahun itu mengalami cedera serius pada bagian paha kanan saat merumput di laga uji coba, kontra Iran, akhir pekan lalu. Araujo akhirnya meninggalkan pemusatan latihan timnas Uruguay dan kembali ke klubnya, Barcelona. 

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis Barcelona, Araujo mengalami cedera di paha kanan. Alumnus tim Barcelona B itu pun telah dijadwalkan melakoni operasi pada Rabu (28/9/2022) waktu setempat di Finlandia.

Baca Juga

Dengan keputusan untuk naik ke meja operasi, Araujo setidaknya bakal absen selama empat hingga lima bulan mendatang. Alhasil, mantan bek tengah Boston River itu akan melewatkan kesempatan memperkuat Uruguay di Piala Dunia 2022. Pun dengan kemungkinan Araujo untuk membela Barcelona, termasuk di laga El Clasico, pertengahan bulan depan.

Dalam unggahan di akun media sosialnya, Araujo mengaku cukup berat dalam mengambil keputusan untuk menjalani operasi medis terkait cedera yang dialaminya. Namun, Araujo tidak mau mengambil risiko soal kondisi kaki kanannya pada kemudian hari, meski harus absen di Piala Dunia 2022. 

"Saya mencintai negara dan tim saya. Namun, setelah melakukan konsultasi, operasi medis adalah opsi terbaik. Ini soal kesehatan dan bisa kembali pulih 100 persen sesegara mungkin. Secara personal, ini merupakan periode sulit. Dengan keyakinan dan kerja keras, saya berharap bisa segera pulih," ujar Araujo seperti dilansir Barca Universal, Selasa (27/9/2022). 

Dinilai tampil apik bersama Barcelona, Araujo mulai dipercaya menghuni la Celeste dan melakoni debut pada Oktober 2020 silam. Araujo pun disertakan dalam skuad Uruguay yang tampil di Copa America 2021. Araujo tercatat telah mengemas 12 caps bersama Uruguay. 

Sementara di level klub, Araujo mulai menjadi pilihan utama lini belakang Barcelona sejak musim 2020/2021. Pemain yang didatangkan dari Boston River itu menjadi tandem Gerrard Pique dalam mengawal lini belakang Blaugrana. 

Pada musim lalu, Araujo bahkan tercatat hanya absen di delapan laga La Liga lantaran mengalami cedera. Sedangkan pada musim ini, Araujo sudah mengemas tujuh penampilan di semua ajang. Araujo tidak pernah absen di enam laga yang telah dilakoni Blaugrana di pentas La Liga pada awal musim ini, termasuk tiga kali merumput sebagai starter.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
liga spanyol la liga barcelona uruguay timnas uruguay la celeste ronald araujo
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya