Selasa 27 Sep 2022 15:52 WIB

Linux 6.0 Segera Tersedia Bagi Pengguna

Linux 6 dirilis di tengah sejumlah penundaan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Program komputer (ilustrasi)
Foto: Freepik
Program komputer (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bos Linux, Linus Torvalds, dengan optimistis mengumumkan bahwa versi 6.0 dari sistem operasi open-source akan segera tersedia bagi pengguna. Meskipun, disebut ada beberapa penundaan kecil.

Dilansir dari Techradar, Selasa (27/9/2022), menurut pembaruan 18 Septembernya pada kandidat rilis enam (Linux 6.0-rc6), banyak pengelola telah bepergian karena KTT Pengelola di Dublin, serta OSS EU dan LPC. Untuk alasan ini, rc6 adalah “artifisial kecil”. Torvalds terus membahas ukuran kandidat rilis yang lebih kecil dari biasanya.

Baca Juga

Berbicara tentang kandidat rilis terbaru-rc7- di blog, Torvalds mengatakan dia mengharapkannya menjadi ”lebih besar dari biasanya karena permintaan penarikan telah bergeser satu pekan kemudian” yang dapat menyebabkan OS Linux membutuhkan satu rilis lebih lanjut (nomor delapan).

Meskipun mengharapkan bahwa rc7 akan menjadi rilis yang lebih besar dari biasanya, itu “sepertinya tidak benar-benar terjadi” menurut pengumuman terbaru 25 September Torvalds. “Ini sedikit lebih besar dari rata-rata historis untuk siklus rilis kali ini, tapi itu jelas bukan sesuatu yang aneh, dan itu terlihat cukup normal.”

Dia terus menghilangkan indikasi sebelumnya bahwa rc8 lebih lanjut akan diperlukan. Sebuah rc7 sukses membuatnya berpikir bahwa “rilis final akan terjadi tepat pada jadwal akhir pekan depan, kecuali sesuatu yang tidak terduga terjadi.”

Faktanya, menurut pembaruan Linux 6.0 terbaru, ini adalah pertama kalinya kami memiliki fisik make allmodconfig yang bersih tanpa peringatan dari dentang.

Torvalds mengakhiri pesannya dengan rencananya yang penuh harapan dari satu pekan terakhir pengujian. Kemungkinan penghapusan rc8 itu berarti bahwa Linux 6.0 terlihat “sesuai jadwal akhir pekan depan”, membuat Techradar percaya bahwa rilis awal Oktober kemungkinkan besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement