Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

Takut Tersedak Saat Telan Obat? Ini Cara Mudahnya, Bukan dengan Digerus!

Senin 26 Sep 2022 23:02 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Obat-obatan (Ilustrasi). Kalau kesulitan menelan obat, terutama dalam bentuk tablet, pil, dan kapsul, jangan menumbuknya.

Obat-obatan (Ilustrasi). Kalau kesulitan menelan obat, terutama dalam bentuk tablet, pil, dan kapsul, jangan menumbuknya.

Foto: www.freepik.com.
Sebagian orang tersedak, bahkan sampai muntah ketika mencoba menelan obat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa orang yang sulit menelan obat, terutama bentuk tablet, pil, dan kapsul. Mereka lebih sering tersedak, bahkan memuntahkannya.

Salah satu dokter National Health Services (NHS) memiliki trik untuk menelan obat tanpa tersedak. Dr Karan Rajan mengunggah sebuah video edukasi dalam TikTok. Menurutnya, jika Anda minum obat secara teratur, Anda perlu mengetahui cara terbaik untuk melakukannya.

Baca Juga

"Cara terbaik untuk menelan kapsul adalah dengan menundukkan kepala," ujar dr Karan, seperti dikutip dari laman The Sun, Senin (26/9/2022).

Ini mungkin tampak aneh, tetapi kapsul ringan dan mengapung di air. Jadi ketika kepala ditundukkan ke depan, kapsul akan melayang ke arah tenggorokan.

"Tetapi ketika posisi kepala netral atau sedikit miring ke belakang, kapsul melayang ke arah gigi, membuat menelan sedikit lebih sulit," ungkapnya.

Sementara, ketika berbicara tentang tablet dan pil, miringkan kepala Anda sedikit ke belakang. Dr Karan menjelaskan tablet dan pil bisa sedikit lebih berat dan lebih padat daripada air.

"Jadi fokusnya harus pada pembilasan obat ke dalam faring yang merupakan saluran  yang menghubungkan mulut dan kerongkongan," kata dr Karan.

Dr Karan mengatakan bagi orang yang tidak mengalami kesulitan, tips-nya tidak akan membuat perbedaan besar. National Health Service (NHS) di Inggris mengatakan jika Anda memiliki masalah, cobalah menelan pil dengan air atau makanan.

Anda juga dapat berlatih menelan dengan permen kecil atau potongan roti. Cobalah dengan potongan yang lebih besar karena proses menelan menjadi lebih mudah.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA