Selasa 27 Sep 2022 02:17 WIB

Pengguna Fitbit akan Dipaksa Bermigrasi ke Akun Google pada 2025

Google mengakuisisi Fitbit.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ani Nursalikah
FitBit Charge 4. Pengguna Fitbit akan Dipaksa Bermigrasi ke Akun Google pada 2025
Foto: engadget
FitBit Charge 4. Pengguna Fitbit akan Dipaksa Bermigrasi ke Akun Google pada 2025

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyusul akuisisi Google atas Fitbit dan rebranding perusahaan teknologi kesehatan sebagai 'Fitbit oleh Google', raksasa mesin pencarian itu bergerak untuk mengintegrasikan layanannya dengan layanan milik Fitbit.

Akun Google akan diperlukan untuk beberapa penggunaan perangkat dan fitur Fitbit mulai 2023. Semua akun Fitbit yang ada dimigrasikan ke akun Google pada 2025.

Baca Juga

Dilansir dari The Verge, Senin (26/9/2022), halaman dukungan yang diperbarui mengatakan, membuat akun Fitbit baru dan mengaktifkan perangkat dan fitur Fitbit baru akan memerlukan akun Google mulai 2023. Pemegang akun Fitbit yang ada akan dapat pindah ke akun Google atau tetap menggunakan login Fitbit yang ada hingga setidaknya awal 2025 di mana dukungan untuk akun Fitbit akan dihentikan.

FAQ juga menyatakan perusahaan akan transparan dengan pelanggan tentang batas waktu untuk mengakhiri akun Fitbit melalui pemberitahuan dalam aplikasi Fitbit, melalui email, dan dalam artikel bantuan.

Pada saat penulisan, pengguna Fitbit dapat mengakses akun desktop mereka melalui login Fitbit khusus atau opsi untuk melanjutkan dengan Google. Ini berbeda dari menggunakan akun Google untuk masuk ke Fitbit karena mereka adalah dua akun terpisah yang tidak berbagi data di antara mereka.

Sebagai syarat akuisisi Fitbit, Google membuat komitmen yang mengikat dengan Komisi Eropa pada tahun 2020 untuk menjaga data pengguna Fitbit terpisah dari sistem Google, selain tidak menggunakan data tersebut untuk menargetkan pengguna Fitbit di Wilayah Ekonomi Eropa dengan iklan setidaknya 10 tahun.

Ketika ditanya bagaimana perubahan yang akan datang pada akses akun akan berdampak pada komitmen itu, juru bicara Fitbit mengatakan akun Google di Fitbit akan tetap sepenuhnya mematuhi komitmen kami terhadap regulator global. "Setelah pengguna mendaftar atau pindah ke akun Google, kami akan terus memisahkan data kesehatan dan kebugaran pengguna Fitbit dari data Google Ads dan data ini tidak akan digunakan untuk Google Ads," katanya.

Google mendorong itu sebagai langkah positif bagi pengguna Fitbit. Halaman dukungan mengatakan manfaat untuk perubahan itu termasuk memiliki satu login untuk Fitbit dan layanan Google lainnya, keamanan akun terkemuka di industri, kontrol privasi terpusat untuk data pengguna Fitbit, dan lebih banyak fitur dari Google di Fitbit. Namun, mengingat riwayat Google sebelumnya dengan migrasi akun paksa dan privasi pelanggan, beberapa skeptisisme dapat dimengerti.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement