Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

BMKG Beri Peringatan Potensi Banjir Rob 2,8 Meter di Kalimantan Selatan

Senin 26 Sep 2022 18:52 WIB

Red: Nora Azizah

Banjir rob di Kalimantan Selatan berpotensi terjadi dalan satu pekan ke depan.

Banjir rob di Kalimantan Selatan berpotensi terjadi dalan satu pekan ke depan.

Foto: ANTARA/Makna Zaezar
Banjir rob di Kalimantan Selatan berpotensi terjadi dalan satu pekan ke depan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin memperingatkan potensi laut pasang (rob) setinggi 2,8 meter di Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam satu pekan ke depan. "Masyarakat diimbau agar mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut dengan waspada dan berhati-hati ketika beraktivitas di wilayah pesisir," kata prakirawan Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin, Uli Mahanani di Banjarbaru, Senin (26/9/2022).

Adapun wilayah yang terdampak yaitu pesisir perairan Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu yang terjadi pada 27 September hingga 2 Oktober 2022 dengan ketinggian air mencapai puncaknya pukul pada 19.00 sampai 22.00 Wita. Kemudian, 1 sampai 4 Oktober 2022 rob berpotensi terjadi di Muara Sungai Barito pukul 00.00 hingga 06.00 Wita dengan wilayah terdampak pesisir Kota Banjarmasin, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut.

Baca Juga

Uli menjelaskan, rob akibat pengaruh dari fase bulan baru yang masih berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum. Kemudian, potensi cuaca signifikan (curah hujan tinggi, angin kencang dan gelombang tinggi) dan tren penurunan tinggi muka air tanah juga dapat mempengaruhi dampak banjir pesisir.

Masyarakat pun diimbau agar terus memantau perkembangan informasi cuaca dari BMKG baik melalui aplikasi maupun media sosial.

"Jika banjir rob menerjang maka berdampak pada aktivitas keseharian masyarakat termasuk transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir serta perikanan di darat hingga menggenangi jalan-jalan," jelas Uli.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA