Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

Jorginho Antusias Respons Perubahan Formasi di Timnas Italia

Senin 26 Sep 2022 13:54 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah

Pemain Italia Jorginho

Pemain Italia Jorginho

Foto: AP/Alberto Lingria/POOL Reuters
Italia menghadapi laga penentuan Grup A3 UEFA Nations League lawan Hungaria.

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Italia akan menjalani partai hidup mati di markas Hungaria. Duel tersebut berlangsung di Puskas Arena, Budapest, Selasa (27/9) dini hari WIB.

Kedua tim memperebutkan posisi singgasana Grup A3 UEFA Nations League musim 2022/23. Gli Azzurri berada di kursi runner up klasemen sementara. Dengan mengantongi delapan poin, skuat polesan Roberto Mancini tertinggal dua angka dari laskar Magyars.

Baca Juga

Artinya, para gladiator Negeri Piza tak memiliki pilihan lain. Mereka harus menang jika ingin melewati sang rival. Sebaliknya tuan rumah hanya butuh hasil imbang untuk mempertahankan posisinya di puncak tabel klasifika.

Gelandang kubu tamu, Jorginho bereakasi jelang pertandingan di Budapest. Ia berharap, pihaknya mempertahankan performa seperti yang ditunjukkan ketika berhadapan dengan Inggris. Sebelumnya Italia mengalahkan the Three Lions 1-0 di San Siro.

Saat itu, Mancini menerapkan formasi 3-5-2 di timnya. Terlihat sang arsitek mencoba hal baru. Jorginho tak keberatan.

"Senang memiliki altenatif yang bisa kami ubah dalam permainan atau selama turnamen berlangsung," kata andalan Chelsea FC ini, dalam konferensi pers, dikutip dari Football Italia, Senin (26/9/2022).

Menurutnya, keadaan demikian sangat berguna bagi perkembangan Gli Azzurri. Biasanya, Mancini selalu memakai format 4-3-3. Kini mereka memiliki pilihan lain.

Secara pribadi, Jorginho mudah beradaptasi dengan sistem baru. Pasalnya ketika di the Blues, ia terbiasa dengan pola tersebut. Ia bisa terus menjadi pemimpin di lini tengah timnya.

Selanjutnya, ia berbicara tentang kondisi Italia saat ini. Sosok bernama lengkap Jorge Luiz Frello Filho itu merasa proses rekonstruksi sudah dimulai. Saatnya mereka melanjutkan proyek yang sedang berjalan.

Skuad Italia saat ini didominasi pemain muda. Hanya beberapa pemain senior yang tersisa. Jorginho salah satunya.

"Kami memiliki kesempatan untuk memenangkan grup dan itu kembali pada kami untuk mengambilnya. Hungaria membuktikan diri sebagai lawan tangguh dan besok, mereka akan mendapat dukungan penuh dari penonton," ujar Jorginho.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA