Jumat 23 Sep 2022 22:06 WIB

KMO Aktif Mengadakan Pelatihan Menulis Puisi, Cerpen, Novel, Artikel, dan Lainnya

Sejumlah nama beken rutin  mengisi pelatihan menulis secara online yang diadakan KMO.

Salah satu kelas menulis secara online yang diadakan oleh Komunitas Menulis Online (KMO Indonesia).
Foto: Dok KMO Indonesia
Salah satu kelas menulis secara online yang diadakan oleh Komunitas Menulis Online (KMO Indonesia).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komunitas Menulis Online (KMO Indonesia), sebuah lembaga yang bergerak di bidang literasi, aktif menggelar pelatihan menulis seperti puisi, cerpen, novel, artikel, dan lainnya. “Kami mengadakan kegiatan pelatihan menulis secara online sejak tahun 2014, dimulai dari pelatihan menulis online free (gratis) hingga tahun 2017 kami memulai kelas berbayar," kata Kepala Sekolah KMO sekaligus Kepala Divisi KMO Institute, Muhammad Anhar dalam  rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (23/9/2022).

Anhar menambahkan, sampai saat ini pelatihan menulis puisi sudah memasuki batch ke-4, pelatihan menulis cerpen sudah batch ke-3, pelatihan menulis novel batch  ke-12, dan pelatihan menulis artikel sudah menyelesaikan batch ke-5. 

Pelatihan menulis artikel batch ke-6 akan diadakan pada tanggal 26 September 2022 sampai dengan 10 Oktober 2022, dengan narasumber Irwan Kelana, redaktur senior Harian Republika. “Rata-rata tiap batch berlangsung setengah bulan,” ujarnya.

Anhar menyebutkan, sejumlah nama beken rutin  mengisi pelatihan menulis secara online tersebut. Misalnya, Helvi  Tiana Rosa (pelatihan menulis puisi); Seno Gumira Ajidarma dan Ongki Arista (pelatihan menulis cerpen); Helvi Tiana Rosa, Asma Nadia, Pipiet Senja, Ahmad Fuadi, Mia Chuz, Shinta Yudistia, Fissilmi Hamida (pelatihan menulis novel); Jarwati, Mardiati, dan Shabira Ika (pelatihan edit naskah); serta Tisa TS, Muthia Esfand, dan Aditya Gumay (pelatihan menulis skenario).

Selain itu, Raharja Putra dan Afik Canggih (pelatihan menulis copywriting); Isa Alamsyah, Tendi Murti, Ahmad Rifai Rif'an (pelatihan kelas jadi buku, menulis buku non-fiksi); Muhammad Farihul Wasi' dan Diyan Sudiharjo (pelatihan desain dan layout); Wulan Mulya Pratiwi, Shabira Ika, Ernawati Lilys (pelatikan menulis cerita anak); serta Irwan Kelana (pelatihan menulis artikel). 

Anhar mengemukakan, tujuan KMO mengadakan pelatihan menulis secara online adalah untuk ikut serta memajukan dunia literasi di Indonesia. Khususnya, memfasilitasi dan mendorong lahirnya para penulis di bidang puisi, cerpen, novel,  artikel dan lainnya  yang mampu melahirkan karya-karya yang menginspirasi masyarakat. 

“Hal yang mengharukan dan sekaligus menggembirakan bagi kami adalah para peserta pelatihan menulis online yang diadakan oleh KMO Indonesia datang dari berbagai latar belakang. Mulai dari kalangan ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa, dosen, ustaz, amil zakat, pengusaha, hingga dokter. Mereka tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Bahkan ada yang tinggal di luar negeri,” ungkap Anhar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement