Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

PP Yakin Proyek Tol Semarang-Demak Tuntas Akhir 2022

Jumat 23 Sep 2022 18:13 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya

Foto udara proyek pembangunan Jalan Tol Semarang - Demak seksi II di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Rabu (19/1/2022).

Foto udara proyek pembangunan Jalan Tol Semarang - Demak seksi II di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Rabu (19/1/2022).

Foto: ANTARA/Aji Styawan
Tol ini berfungsi menjadi tanggul laut Kota Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BUMN Konstruksi, PT PP (Persero) Tbk optimis menuntaskan pekerjaan proyek pembangunan Jalan Tol Semarang Demak Paket 2 pada akhir tahun ini. Adapun proyek pembangunan Jalan Tol Semarang Demak Paket 2 merupakan proyek strategis nasional (PSN) yang dicanangkan dan tengah menjadi perhatian pemerintah. 

Sekretaris Perusahaan PP Bakhtiyar Efendi mengatakan pembangunan jalan tol ini akan  melengkapi konektivitas jaringan jalan tol dan ruas utama sisi utara Pulau Jawa. Tol ini berfungsi menjadi tanggul laut Kota Semarang guna mendukung pertumbuhan pusat ekonomi baru di Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga

“Kami optimis proyek pembangunan Jalan Tol Semarang Demak Paket 2 dapat dituntaskan sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Pada pekan kedua September 2022, progress telah mencapai 94,69 persen, sehingga proyek optimistis tuntas akhir tahun ini,” ujarnya dalam keterbukaan informasi perseroan, Jumat (23/9/2022).

Menurutnya proyek jalan tol ini dinaungi BUJT PT PP Semarang-Demak (PPSD), yaitu anak usaha PP yang bergerak bidang pengembangan dan pengelolaan jalan tol. Perseroan juga berperan selaku kontraktor dalam pembangunan jalan tol tersebut.

Sebagai kontraktor, pengerjaan yang dilakukan perseroan terdiri atas pekerjaan slab on pile sepanjang 9,492 kilometer, pekerjaan timbunan sepanjang 6,144 km, dan pekerjaan struktur jembatan sepanjang 0,679 km. Adapun proyek pembangunan jalan tol ini ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

“Dalam pengerjaan, perseroan menerapkan performance QHSE dengan nihil kecelakaan proyek (zero fatality). Pembangunan jalan tol ini bagian dari komitmen perseroan dalam mewujudkan loyalitas tanpa batas dalam membangun negeri ini dan mendorong pertumbuhan infrastruktur di Indonesia,” ucapnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA