Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

Ayat Alquran Isyaratkan Adanya Binatang di Bumi Sebelum Manusia, Termasuk Dinosaurus? 

Jumat 23 Sep 2022 05:19 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi animasi dinousaurus. Allah SWT menciptakan makhluk di bumi sebeluim adanya manusia

Ilustrasi animasi dinousaurus. Allah SWT menciptakan makhluk di bumi sebeluim adanya manusia

Foto: EPA-EFE/RUNGROJ YONGRIT
Allah SWT menciptakan makhluk di bumi sebeluim adanya manusia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Begitu banyak penelitian geologi dan sejarah yang menjelaskan tentang makhluk yang hidup di bumi sebelum adanya manusia, yaitu dinosaurus dan makhluk semacamnya. Alquran pun telah memaparkan fakta sejarah dan ilmiah dalam ayat-ayatnya. 

Ada banyak ayat yang menunjukkan adanya makhluk di bumi sebelum manusia datang dan makhluk-makhluk ini sebelumnya tidak dikenal, hingga muncul berbagai penemuan fakta sejarah dan ilmiah tentang adanya makhluk tersebut di bumi. Allah SWT berfirman: 

Baca Juga

وَالْخَيْلَ وَالْبِغَالَ وَالْحَمِيرَ لِتَرْكَبُوهَا وَزِينَةً ۚ وَيَخْلُقُ مَا لَا تَعْلَمُونَ "Dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal, dan keledai, untuk kamu tunggangi dan (menjadi) perhiasan. Allah menciptakan apa yang tidak kamu ketahui." (QS An Nahl ayat 8). 

Kehidupan zaman dahulu telah dijelaskan di dalam Alquran, sehingga dapat dipetik pelajaran. Allah SWT berfirman: 

أَفَلَمْ يَسِيرُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ فَيَنظُرُوا۟ كَيْفَ كَانَ عَـٰقِبَةُ ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ ۚ كَانُوٓا۟ أَكْثَرَ مِنْهُمْ وَأَشَدَّ قُوَّةًۭ وَءَاثَارًۭا فِى ٱلْأَرْضِ فَمَآ أَغْنَىٰ عَنْهُم مَّا كَانُوا۟ يَكْسِبُونَ

"Maka apakah mereka tidak mengadakan perjalanan di bumi, lalu mereka memperhatikan bagaimana kesudahan orang-orang yang sebelum mereka. Mereka itu lebih banyak dan lebih hebat kekuatannya serta (lebih banyak) peninggalan-peninggalan peradabannya di bumi, maka apa yang mereka usahakan itu tidak dapat menolong mereka." (QS Ghafir ayat 82)

Ayat tersebut menyampaikan tentang bagaimana akhir dari makhluk sebelum manusia. Artinya, dapat dikatakan bahwa yang dimaksud dalam ayat tersebut ialah akhir dari keberadaan dinosaurus. 

Dengan demikian, Alquran menunjukkan bahwa makhluk-makhluk sebelum manusia di bumi itu memang ada. 

Seorang Muslim juga perlu ingat, bahwa Alquran telah menyampaikan bahwa ada informasi yang kebenarannya tidak akan terungkap sampai waktunya tiba. Allah SWT berfirman: 

لِكُلِّ نَبَإٍ مُسْتَقَرٌّ ۚ وَسَوْفَ تَعْلَمُونَ "Setiap berita (yang dibawa oleh rasul) ada (waktu) terjadinya dan kelak kamu akan mengetahui." (QS Al Anam ayat 67)

Alquran adalah kitab yang berisi kebenaran dan di dalamnya banyak hal yang disampaikan. Namun, seorang Muslim perlu memahami, akses untuk mendapatkan informasi tersebut tidak mungkin bisa dicapai kecuali pada batas waktu yang Allah SWT kehendaki.

 

Sumber: islamonline  

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA