Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

BOB Bantu Gerobak Sampah Dukung Kebersihan di Kawasan Borobudur

Jumat 23 Sep 2022 01:57 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Sejumlah karyawan Balai Konservasi Borobudur (BKB) mengikuti aksi reresik Candi Borobudur (membersihkan) Candi Borobudur (ilustrasi)

Sejumlah karyawan Balai Konservasi Borobudur (BKB) mengikuti aksi reresik Candi Borobudur (membersihkan) Candi Borobudur (ilustrasi)

Foto: ANTARA/Anis Efizudin
Kebersihan lingkungan, sanitasi, dan keberlanjutan lingkungan menjadi isu penting.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Badan Otorita Borobudur (BOB) memberikan bantuan puluhan gerobak sampah untuk mendukung kebersihan lingkungan di kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Direktur Utama BOB Indah Juanitadi Magelang, Kamis (22/9/2022) mengatakan gerobak sampah diberikan kepada Bank Sampah Sektoral (BSS) Kalpataru Desa Borobudur sebagai wujud nyata dalam mendukung kampanye kebersihan lingkungan.

Ia menyampaikan kampanye kebersihan lingkungan, sanitasi, dan keberlanjutan lingkungan menjadi isu penting yang diangkat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Hal ini sebagaimana amanat Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut yang berimplikasi langsung ke penanganan sampah di lima destinasi pariwisata super prioritas.

Baca Juga

Di tingkat daerah, katanya, BOB berkolaborasi dengan dinas terkait, akademisi dan masyarakat telah memulai berbagai kegiatan untuk mendukung kampanye kebersihan destinasi pariwisata bersih.

Ia menuturkan salah satu program yang digagas untuk mendukung kampanye tersebut dengan lomba desain poster. Indah mengatakan hari ini telah diumumkan lima pemenang lomba poster destinasi pariwisata bersih.

Poster-poster ini nantinya dipasang di baliho-baliho di titik strategis di jalan raya diwilayah kerja BOB. Menurut dia, hal ini untuk selalu mengingatkan masyarakat luas tentang kebersihan destinasi pariwisata.

Ia berharap, adanya poster ajakan kebersihan dan ditambah dengan pemberian gerobak sampah dapat menjadi sarana tepat. Tujuannya untuk meraih kesuksesan pengelolaan sampah di destinasi wisata.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA