Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Uang Langka Bergambar Ratu Elizabeth II Sewaktu Kecil Diburu Kolektor

Kamis 22 Sep 2022 19:41 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Uang kertas langka bergambar Ratu Elizabeth II diburu kolektor.

Uang kertas langka bergambar Ratu Elizabeth II diburu kolektor.

Foto: Sean Isaacs/Handout via REUTERS
Ini merupakan salah satu dari 10 uang kertas yang paling dicari di abad ke-20.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah kepergian Ratu Elizabeth II, koin dan uang kertas bergambar sang ratu yang langka kini menjadi buruan para kolektor. Salah satu yang paling dicari oleh kolektor adalah koin edisi Platinum Jubilee.

"Ada lonjakan permintaan yang luar biasa," ujar ahli koin pusaka dari Hattons di London, Peter Hutchison, seperti dilansir CyprusMail, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga

Menurut beberapa pedagang koin, koin dan uang kertas yang dicari adalah edisi-edisi yang cukup langka. Salah satu di antaranya adalah koin 50 penny edisi British Platinum Jubilee yang dibuat dari platinum asli. Koin ini baru diluncurkan pada 2022, bertepatan dengan perayaan 70 tahun Ratu Elizabeth II bertakhta.

Koleksi lain yang juga banyak dicari adalah uang kertas 20 dolar Kanada yang memuat gambar Ratu Elizabeth II saat masih kanak-kanak. Uang kertas ini diterbitkan pada era sebelum perang Dunia II.

"Ini merupakan salah satu dari 10 uang kertas yang paling dicari di abad ke-20," ujar pemilik Alliance Coin and Banknote, Sean Isaacs.

Satu set uang yang diterbitkan pada 1953 untuk menandai pemahkotaan Ratu Elizabeth II pun turut diburu oleh banyak kolektor. Koleksi lain yang juga banyak dicari adalah uang kertas seri "Devil's Head" yang terbit di Kanada pada 1954. Pada uang kertas ini, rambut sang ratu memberikan ilusi yang tampak seperti senyuman setan.

Yang tak kalah menarik, berbagai edisi koin dan uang kertas khusus ini bukan hanya diburu oleh kolektor berpengalaman. Menurut para pedagang koin, berbagai koin dan uang kertas bergambar Ratu Elizabeth II juga dicari oleh kolektor-kolektor pemula.

Ratu Elizabeth II merupakan sosok yang paling lama memimpin kerajaan Inggris. Guinness Book of World Records mengungkapkan bahwa ada 33 uang dari berbagai negara yang memuat wajah Ratu Inggris tersebut.

Tingginya permintaan membuat harga jual berbagai koin dan uang kertas bergambar Ratu Elizabeth II jadi melambung tinggi. Harga ini diperkirakan masih akan terus meningkat seiring dengan semakin banyaknya kolektor yang berusaha memiliki koin dan uang kertas ini.

"Saat ini ada lebih banyak orang yang mencoba memburunya," ujar Hutchison.

Pemilik Britannia Coin Company, Jon White, mengatakan ada seorang turis asing yang mendatanginya dan mencari satu set koin Maundy 2022. White merasa takjub karena tokonya berlokasi 80 mil dari barat London. Set Maundy 2022 merupakan koin-koin yang diberikan oleh Ratu Elizabeth Ii kepada lansia-lansia yang telah melakukan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami merasa cukup sulit untuk mencari sumber benda yang dicari pelanggan kami," ujar White.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA