Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Mengapa Usia Penderita Serangan Jantung di Indonesia Lebih Muda dari AS-Eropa?

Jumat 23 Sep 2022 04:10 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Nyeri dada dapat menjadi pertanda serangan jantung (ilustrasi). Penderita serangan jantung di Indonesia rata-rata berusia 57 tahun.

Nyeri dada dapat menjadi pertanda serangan jantung (ilustrasi). Penderita serangan jantung di Indonesia rata-rata berusia 57 tahun.

Foto: www.freepik.com.
Peluang untuk selamat dari serangan jantung juga kerap terkendala kerlambatan ke RS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Siska S Danny mengatakan usia pasien serangan jantung di Indonesia jauh lebih muda ketimbang usia pasien di Amerika atau Eropa dan Jepang. Di Indonesia, usia pasien serangan jantung rata-rata 57 tahun.

"Ini jauh lebih muda dibandingkan usia di Amerika atau Eropa antara 60-65 tahun, di Jepang malah lebih tua lagi," ujar dr Siska dalam acara daring bertajuk "Cardiovascular Medicine in 2022 and Beyond: Adaptive, Personalized and Evidence-Based", Kamis (22/9/2022).

Baca Juga

Dr Siska mengatakan ini karena faktor risiko pasien di Indonesia juga tinggi, salah satunya kebiasaan merokok. Merujuk data pasien-pasien serangan jantung mencakup sembilan provinsi pada 2018-2019, sebanyak 65 persen pasien serangan jantung adalah perokok.

"Ini sesuai dengan data nasional bahwa proporsi perokok di Indonesia termasuk salah satu yang tertinggi di dunia," kata dokter dari Pusat Jantung Nasional Harapan Kita ini.

Tak hanya itu, sebanyak 51 persen pasien serangan jantung di Indonesia juga mengalami hipertensi dan 27 persen diabetes. Hal ini ditambah adanya peningkatan angka kolesterol, kelebihan berat badan (overweight), dan gaya hidup kurang aktif yang semuanya berkontribusi pada peningkatan risiko terjadinya serangan jantung.

"Kalau Anda terkena serangan jantung, risiko Anda akan meninggal dunia di rumah sakit itu 11,7 persen," ujar Siska.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA