Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Arema FC Fokus Tingkatkan Kualitas Permainan

Kamis 22 Sep 2022 19:20 WIB

Red: Israr Itah

Pelatih  Arema FC Javier Roca.

Pelatih Arema FC Javier Roca.

Foto: ANTARA/Prasetia Fauzani
Arema Fc akan menghadapi Persebaya dalam laga derbi Jatim.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Arema FC fokus meningkatkan kualitas permainan, khususnya menjelang partai besar melawan Persebaya Surayaba yang akan dilaksanakan pada 1 Oktober 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pelatih Arema FC Javier Roca mengatakan, seusai para pemain mendapatkan libur selama tiga hari, saat ini skuad Singo Edan mulai mengoptimalisasi porsi latihan untuk meningkatkan performa tim.

Baca Juga

"Latihan itu meliputi semua hampir 100 persen semua taktikal, prinsip permainan yang lebih besar sebagai tim," kata Roca di Kota Malang, Kamis (22/9/2022).

Roca menjelaskan, salah satU poin yang menjadi perhatian pelatih asal Cile tersebut adalah kondisi fisik pemain. Ia akan mencoba melakukan pembenahan kondisi fisik skuad Singo Edan dengan meningkatkan intensitas latihan.

Menurutnya, para pemain yang sudah mulai berlatih pada 21 September 2022 tersebut akan menjalani porsi latihan untuk meningkatkan kondisi fisik hingga akhir pekan ini. Setelah itu, latihan akan lebih fokus pada sisi taktik sebelum menghadapi Persebaya.

"Sampai Sabtu ini, kondisi fisik akan coba kami naikkan. Setelah itu libur satu hari, kemudian fokus pada persiapan taktikal untuk laga selanjutnya," ujarnya.

Ia menambahkan, dalam situasi musim berjalan seperti saat ini sebenarnya sulit untuk meningkatkan kondisi fisik para pemain. Namun, dengan adanya jeda selama dua pekan seperti saat ini, ia akan berusaha memaksimalkan latihan agar fisik pemain lebih maksimal.

"Saat ini yang bisa dilakukan adalah bagaimana menjaga agar pemain dalam kondisi fit saat pertandingan nanti," tambahnya.

Meskipun saat ini ia berupaya untuk memaksimalkan kondisi fisik pemain, tapi Roca juga tetap menyeimbangkan porsi latihan dengan waktu istirahat tim. Meski melakukan optimalisasi sesi latihan, namun waktu yang diberikan untuk istirahat pemain lebih panjang.

"Semua aspek latihan kami berikan kepada pemain. Namun di luar itu semua, jam istirahat jauh lebih penting," katanya.

Performa Arema FC sejauh ini dirasa sudah mengalami perbaikan. Pelatih Singo Edan juga merasa optimistis anak asuhnya bisa bermain lebih konsisten pada laga Liga 1 yang akan kembali dimulai pada Oktober 2022, meski akan menghadapi lawan yang berat.

"Kita harus siap, siapapun lawan kita. Kita siapkan itu secara maksimal, termasuk menjaga pemulihan pemain," ujarnya.

Saat ini, Arema FC berada di urutan kesembilan klasemen sementara Liga 1 dengan mengantongi 14 poin. Sementara Persebaya Surabaya berada di urutan ke-14 dan mengumpulkan sepuluh poin, usai kalah 2-1 pada pertandingan terakhir melawan RANS Nusantara FC.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA