Kamis 22 Sep 2022 16:11 WIB

Takmir Masjid di Kota Malang tak Tahu Siapa yang Bagikan Tabloid tentang Anies

Akun @AkuAtikaFaya bio 'Islam Yes, Khilafah No' yang pertama meramaikan isu Anies.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Erik Purnama Putra
Tabloid KBA Newspaper berisi tentang Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan di sekitar Masjid Al Amin, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur.
Foto: Istimewa
Tabloid KBA Newspaper berisi tentang Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan di sekitar Masjid Al Amin, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Masyarakat digegerkan dengan beredarnya tabloid bergambar Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan. Tabloid KBA Newspaper tersebut ditemukan warga di lingkungan Masjid Al Amin, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur. Sontak saja, warga Kota Malang khususnya, ramai membahas isu tersebut.

Hanya saja, pengedar tabloid yang khusus membahas Anies tersebut tidak diketahui rimbanya. Pun waktu pengedaran KBA Newspaper yang dilakukan pada hari Jumat, juga tidak dideteksi secara pasti. Perwakilan Takmir Masjid Al Amin, Hari Mujoko menegaskan, pihaknya tidak tahu-menahu terkait penyebaran tabloid KBA Newspaper di wilayah masjidnya.

Dengan kata lain, sambung dia, takmir tidak pernah memberikan izin penyebaran tabloid tersebut di Masjid Al-Amin. Hari menegaskan, juga tidak mengetahui pasti siapa yang menyebarkan tabloid yang berisi informasi tentang mantan mendikbud tersebut.

 

"Pembina dan takmir tidak ada yang tahu karena pas jumatan di tempat kerja," kata Hari saat dikonfirmasi Republika di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (22/9/2022). Dia tidak menanggapi, apakah benar akun @AkuAtikaFayayang meramaikan peredaran tabloid tersebut merupakan warga sekitar Masjid Al Amin.

 

Hari mengatakan, masalah ini sebenarnya telah dirapatkan bersama para pembina dan takmir. Hasilnya, mereka tidak akan memperpanjang masalah tersebut. Semua pihak sepakat masalah itu selesai. Jika terdapat informasi lainnya, pihaknya akan menyampaikan lagi kepada awak media.

 

Beredar informasi jika tabloid yang memuat prestasi Anies terbitan KBA Newspaper dibagikan ke jamaah Masjid Al Amin seusai menunaikan shplat Jumat pada 16 September 2022. Tabloid berisi 12 halaman tersebut berisi pencapaian Anies selama menjabat gubernur DKI. Sebagian isinya, juga membandingkan Anies dengan lawan politik lain.

 

Kasus itu pun digoreng di lini masa Twitter. Mereka yang tidak suka dengan Anies menuding jika pembagian tabloid itu merupakan bentuk politik identitas. Meski begitu, tudingan tersebut akhirnya berlalu begitu saja lantaran isi tabloid memang murni menampilkan prestasi Anies.

 

Kegaduhan itu bermula dari unggahan akun Twitter @AkuAtikaFaya pada Ahad (18/9/2022). Atika mengaku kaget karena terdapat tabloid yang berisi tentang Anies Baswedan di rumahnya.

 

"Oalah, taunya suami dapet dari masjid pas Jumat kemarin. Keknya model kampanye lewat masjid di Pilkada DKI kemarin mulai dilakukan. Ini di Malang lo guys, gimana di tempat kalian ada juga kah," ujarnya.

 

Pemilik akun @AkuAtikaFaya diketahui kerap menyerang kebijakan Anies. Termasuk juga Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga ikut diserangnya. "Islam Yes...Khilafah No," demikian bio akun tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement