Jumat 23 Sep 2022 00:10 WIB

Kemenhub Surati GACA Saudi untuk Penerbangan Umroh dari Kertajati

Saat ini Kemenhub masih terus menyiapkan bandara tersebut untuk umroh.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Agung Sasongko
Petugas melintas di area kedatangan di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (24/3/2020).
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Petugas melintas di area kedatangan di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (24/3/2020).

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) surat General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi untuk slot penerbangan umrah dari Bandara Kertajati, Jawa Barat. Saat ini Kemenhub masih terus menyiapkan bandara tersebut untuk kembali melayani penerbangan komersial termasuk umroh. 

"Kami meminta dukungan GACA agar memberikan slot yang diminta maskapai kita dalam rangka melayani penerbangan membawa para calon jamaah melalui Bandara Kertajati mulai November 2022 nanti,” kata Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (22/9/2022). 

Baca Juga

Saat ini sudah terbit Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 25 Tahun 2022, Instruksi Mendagri Nomor 42 Tahun 2022, dan Surat Edaran Menhub Nomor 88 Tahun 2022. Regulasi tersebut menjadikan Bandara Kertajati sebagai pintu masuk perjalanan internasional. 

"Ini berpeluang memulihkan trafik penerbangan yang sempat lesu akibat pandemi Covid-19," tutur Isnin. 

Isnin menambahkan, potensi jamaah umroh dari kawasan sekitar Kertajati seperti dari Bandung Raya, Ciayumajakuning, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama pada Tahun 1444H/2022 terdapat 8.657 jemaah umrah yang belum berangkat. 

"Belum lagi masyarakat yang suka bepergian ke luar negeri. Sehingga dengan adanya Bandara Kertajati ini, diharapkan masyarakat makin mudah dan efisien dalam bermobilitas," ungkap Isnin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement