Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Pendukung Ganjar Bentuk Dewan Kopral, Fraksi PDIP: Biarin Aja

Kamis 22 Sep 2022 13:51 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah

Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPR Utut Adianto di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (11/1).

Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPR Utut Adianto di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (11/1).

Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Dewan Kopral akan menandingi Dewan Kolonel yang dibentuk untuk dukung Puan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPR Utut Adianto menanggapi rencana dibentuknya Dewan Kopral yang dibuat Relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) untuk mendukung Ganjar Pranowo. Menurutnya, pembentukan kelompok tersebut tak dipermasalahkannya.

"Kalau itu biarin aja. Saya tidak menjawab nama dan peristiwa," ujar Utut di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga

Adapun Dewan Kolonel dibentuk untuk mendukung Ketua DPR yang juga Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Dewan Kolonel pun disebutnya hanya julukan yang diinisiasi oleh anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Johan Budi Sapto Pribowo. "Kami inikan, cuma ya Mas Johan Budi memberikan julukan supaya semangat kalau konsep besarnya kan membantu Mbak Puan," ujar Utut.

Rencana pembentukan Dewan Kopral diakui Ketua GP Mania, Immanuel Ebenezer. Dewan Kopral dibentuk untuk mendukung pemenangan Ganjar Pranowo dalam menghadapi pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Suara buat pemilu dalam konteks demokrasi, itu ditentukan oleh kuantiti. Nah kuantiti ini lebih banyak kopral dibanding kolonel kan, perwira itu dibanding kopral kan banyakan kopral lah," ujat Immanuel saat dikonfirmasi.

Dewan Kopral akan diisi relawan pendukung Ganjar yang berasal dari elemen mahasiswa hingga buruh dan tani. Berbeda dengan Dewan Kolonel yang berisikan anggota DPR dari Fraksi PDIP. "Seluruh komponen pendukung, relawan mas Ganjar. Entah itu dari kyai, mahasiswa, buruh, tani, kita akan membentuk Dewan Kopral," ujar Immanuel.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA