Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

RS Azra Gandeng Palang Merah Indonesia Gelar Donor Darah

Kamis 22 Sep 2022 13:20 WIB

Red: Budi Raharjo

Kegiatan donor darah di RS Azra dilaksanakan pada hari rabu, 21 september 2022 di Gedung B Ruangan Training Center Lantai 1 dimulai pada pukul 08.00-selesai dengan kuota 60 kantong.

Kegiatan donor darah di RS Azra dilaksanakan pada hari rabu, 21 september 2022 di Gedung B Ruangan Training Center Lantai 1 dimulai pada pukul 08.00-selesai dengan kuota 60 kantong.

Foto: RS Azra
Donor darah kali ini diselengggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Donor darah merupakan salah satu kegiatan sosial  yang tidak hanya bermanfaat untuk membantu orang lain yang membutuhkan transfusi darah tetapi juga untuk pendonor itu sendiri. Ada beberapa manfaat donor darah bagi penerima dan pendonor salah satu diantaranya adalah bagi penerima bisa menyelamatkan 3 nyawa, membantu korban kecelakaan yang banyak kehilangan darah dan sebagainya.

Sedangkan bagi pendonor manfaatnya adalah menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan kadar zat besi dalam tubuh, melancarkan sirkulasi darah dan sebagainya. Akan tetapi tidak semua orang dapat memberikan dan menerima darah, semua ada proses pemeriksaannya terlebih dahulu untuk memastikan pendonor dalam kondisi yang fit. Serta bagi penerima donor apakah darah yang didonorkan sudah sesuai dengan yang dibutuhkan.

Kegiatan donor darah di RS Azra dilaksanakan pada hari rabu, 21 september 2022 di Gedung B Ruangan Training Center Lantai 1 dimulai pada pukul 08.00-selesai dengan kuota 60 kantong. Kegiatan donor darah di RS Azra biasanya dilakukan setiap 3 bulan sekali. Donor darah kali ini diselengggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan bagi petugas dari PMI, RS Azra, maupun pendonor.

Donor darah kali ini didominasi pesertanya oleh karyawan RS Azra karena dilakukan saat hari biasa atau weekday. Ada sekitar 62 peserta yang mendaftar. Sebelum dilakukan donor darah ada skirining terlebih dahulu oleh petugas Palang Merah Indonesia (PMI) sehingga tidak semua orang dapat memberikan dan menerima darah, semua ada proses pemeriksaannya terlebih dahulu untuk memastikan pendonor dalam kondisi yang fit. Total peserta yang ,mendaftar ada 62 peserta namun yang berhasil lolos untuk donor darah ada 56 peserta.

Beberapa penyebab belum berhasil lolos untuk donor darah yaitu HB rendah/tinggi, tekanan darah rendah, dan beberapa alasan lainnya. Seperti kegiatan donor darah yang rutin dilakukan oleh RS Azra dengan PMI Bogor, panitia selalu menginformasikan jenis darah yang dibutuhkan dalam kegiatan donor darah. Kali ini semua jenis darah (A, B, AB dan O) dipersilahkan untuk mendonorkan darah

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA