Kamis 22 Sep 2022 10:45 WIB

Helikopter Ingenuity NASA Berhasil Terbang ke Kawah Jezero Mars

Helikopter Ingenuity berhasil terbang dengan kecepatan maksimum 10,6 mph.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Kawah Jazero menyimpan masa lalu planet Mars.
Foto: republika
Kawah Jazero menyimpan masa lalu planet Mars.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA SELATAN -- Ingenuity menempuh jarak sekitar 308 kaki (94 meter) pada Ahad (18/9/2022), tetap tinggi selama lebih dari 55 detik dan mencapai kecepatan maksimum 10,6 mph (17,1 kph), menurut Jet Propulsion Laboratory (JPL) Badan Antariksa Amerika (NASA)  di California Selatan, yang mengelola misi helikopter.

Dilansir dari Space, Kamis (22/9/2022), penerbangan Ahad lalu, adalah yang ke-32 untuk Ingenuity secara keseluruhan dan yang kedua bulan ini; helikopter seberat empat pon (1,8 kg) juga lepas landas pada 6 September.

Baca Juga

Penerbangan sebelumnya membawa Ingenuity lebih dekat ke delta sungai kuno di lantai Kawah Jezero Mars, lubang selebar 28 mil (45 kilometer) di tanah yang telah dijelajahi helikopter dan mitra robotnya, rover Perseverance sejak Februari 2021. Agaknya, serangan mendadak Ahad (18/9/2022) melanjutkan kemajuan itu, karena anggota tim Ingenuity mengatakan bahwa mencapai delta adalah prioritas jangka pendek.

Perseverance telah mempelajari delta selama beberapa bulan sekarang. Rover seukuran mobil telah mengumpulkan empat sampel batuan dari formasi sejak Juli, dua di antaranya dari batu yang kaya akan molekul organik, bahan penyusun kehidupan yang mengandung karbon

Para peneliti akan dapat mempelajari materi yang menarik itu secara rinci di Bumi, jika semuanya berjalan sesuai rencana: NASA dan Badan Antariksa Eropa (ESA) bekerja sama untuk membawa sampel rover ke planet kita, mungkin pada awal 2033.

Arsitektur pengembalian sampel mencakup dua helikopter mirip Ingenuity yang mampu membawa tabung sampel dari satu atau lebih depot di lantai Jezero ke roket yang akan meluncurkannya dari Planet Merah. (Roket itu, dan robot lain yang akan membantu membawa sampel ke Bumi, tetap dalam pengembangan.) Tidak jelas saat ini apakah helikopter akan ditekan ke layanan tersebut; Perseverance mungkin berakhir dengan mengirimkan tabung ke roket dengan sendirinya.

Ingenuity awalnya memulai misi demonstrasi lima penerbangan yang dirancang untuk menunjukkan bahwa penerbangan helikopter dimungkinkan di atmosfer Mars yang tipis. Helikopter dengan cepat menyelesaikan tugas itu dan beralih ke misi yang diperluas, di mana ia berfungsi sebagai pengintai untuk Perseverance.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement